7 Cara Memasak Antigagal Buat yang Baru Belajar

Ilustrasi memasak dan memanaskan makanan.
Sumber :
  • Pexels/Martin Lopez

VIVA – Memasak sesungguhnya adalah pekerjaan yang susah-susah gampang. Namun, jika melakukannya dengan tidak cermat dan hati-hati bisa membuat masakan kurang matang, terlalu asin hingga merusak peralatan dapur. Berikut ini beberapa kesalahan saat memasak dan cara penanganannya seperti dilansir dari laman Buzzfeed.

1. Menambahkan terlalu banyak garam dalam masakan

Untuk mengatasi rasa asin pada masakan, coba tambahkan cairan tanpa garam seperti kaldu rendah sodium atau air untuk menurunkan asinnya sedikit. Anda juga dapat mencoba menambahkan asam (seperti jus lemon atau cuka) untuk mengurangi rasa, tetapi ini hanya akan menutupi asinnya, bukan menghilangkannya.

2. Bagian tengah ayam tidak matang

Kesalahan yang sering terjadi saat memasak ayam adalah bagian luar sudah matang namun daging bagian dalam ayam belum matang. Untuk mengatasinya potong daging ayam dan goreng kembali bagian ayam yang belum matang tersebut hingga matang. Lain kali, gunakan termometer baca instan untuk memeriksa suhu. Yang mana suhu ayam matang berada di suhu 165° F. 

3. Panci gosong

Untuk mengatasi hal itu, Anda cukup menyiramkan sedikit cuka dan soda kue di area yang gosong, kemudian gosok bagian yang gosong. Lain kali matikan api dan pastikan Anda sering mengaduk makanan untuk mencegah gosong.

4. Sayuran layu

Untuk mengatasinya, isi mangkuk besar dengan air es dan rendam sayuran layu Anda di dalamnya selama sekitar 30 menit hingga satu jam. Buang daunnya, keringkan dengan salad spinner (atau dengan tisu). Untuk mencegah sayuran layu di kemudian hari, coba simpan dengan tisu untuk menyerap kelembapan berlebih.

5. Daging giling tidak menjadi kecokelatan

Pastikan untuk mengeringkan daging giling dengan tisu sebelum memasukkannya ke wajan panas yang sudah sedikit diminyaki. Setelah itu, jangan menyentuhnya. Berikan waktu daging sapi giling untuk benar-benar cokelat sebelum diaduk adalah kuncinya, jadi bersabarlah dan biarkan saja. Setelah Anda melihat ujung-ujungnya mulai kecokelatan dan sedikit garing, Anda dapat boleh mulai mengaduknya.

6. Ada warna abu-abu kehijauan di sekitar kuning telur rebus

Meski tak sedap dipandang, tapi telur ini masih bisa dimakan. Untuk menghindari warna abu tersebut, masak telur jangan terlalu lama. Saat memasaknya, letakkan telur dalam satu lapis di dalam panci (jangan menumpuknya), lalu masukkan air, didihkan, matikan api, dan biarkan telurnya berada di dalam air  selama 15 menit. Segera tiriskan dan masukkan ke dalam air es untuk menghentikan proses memasak.

7. Bawang putih Anda selalu gosong

Alasan paling umum bawang putih menjadi gosong adalah memasukkannya terlalu awal dan terlalu banyak waktu untuk memasak. Perlu diingat bahwa bawang putih tidak tahan dengan suhu sangat tinggi, jadi jangan menambahkannya ke dalam wajan yang sangat panas. Trik lain adalah beralih dari bawang putih cincang ke bawang putih iris. Bawang putih yang diiris dapat menahan proses memasak yang lebih lama. (nsa)