Rendam Stroberi dengan Air Garam, Serangga Menjijikkan akan Keluar

Rendam stroberi dalam air garam.
Sumber :
  • Healthy Food House.

VIVA – Siapa yang tidak menyukai buah stroberi? Rasanya yang manis asam, cocok untuk dimakan langsung atau dibuat smoothies. Tapi, jangan lupa mencucinya terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya ya. Jika tidak ingin merasakan hal berikut. 

Beberapa orang berbagi video Tiktok untuk menyadarkan orang-orang agar mencuci stroberi dengan benar. Dengan membuat tagar #strawberrieswithbugs, mereka ingin membuktikan klaim yang menyatakan bahwa serangga akan muncul dari dalam stroberi setelah direndam dalam air garam. 

Seorang pengguna Tiktok dengan akun Thatnatchats, membagikan video tentang stroberi dan dia mengejutkan banyak orang. 

"Saya selalu meminta saran pada penggemar saya tentang apa yang harus saya lihat selanjutnya dan saya mendapatkan banyak saran tentang stroberi. Saya percaya mereka ingin melihat buah itu dari dekat, tetapi saya terkejut menemukan serangga ketika melihat stroberi di bawah stereomikroskop," ujarnya, dikutip Healthy Food House, Selasa 16 Juni 2020. 

Namun dia menambahkan, setelah mencucinya dengan benar, tidak ada yang perlu takut makan stroberi lagi. 

Rupanya, serangga kecil yang keluar dari stroberi adalah sejenis lalat buah yang disebut Spotted Wing Drosophila. Biasanya serangga betina akan menembakkan telur mereka ke bagian dalam buah-buahan yang akan matang, terutama pada blueberry, stroberi dan raspberry. 

Dua metode yang paling efisien untuk mencuci produk segar adalah menggunakan air garam dan cuka. Cukup rendam stroberi selama 5-10 menit dan bilas sesudahnya. Jika produk yang kamu beli bukan organik, pastikan kamu menambahkan cuka putih ke dalam air, untuk mengurangi bahan kimia yang ada di dalamnya. 

Saat menggunakan air garam, banyak yang menyarankan untuk menambahkan air suam-suam kuku, agar garam bisa larut lebih cepat. Layla Eplett menulis di Scientific American Guest Blog bahwa kita semua sebenarnya menelan sekitar satu hingga dua pon lalat, belatung, dan serangga lainnya setiap tahun tanpa menyadarinya. 

"Jika Anda makan produk segar, Anda makan serangga. Terkadang kami para ahli entomologi bercanda dengan mengatakan 'hei itu hanya sedikit dari banyak protein'. Tetapi, poin sebenarnya adalah ada organisme pada buah Anda dan bahkan jika itu membuat orang tidak nyaman, itu tidak akan menyakiti mereka. Makan serangga itu tidak akan membuatmu mual," kata Greg Loeb, ahli entomologi, dan profesor di Universitas Cornell.

Di sisi lain, yang diklaim serangga dapat muncul pada buah-buahan, itu tidak umum ditemukan pada semua buah. Mereka menyarankan untuk mencuci stroberi dengan baik. Jadi, jika ingin aman, pastikan kamu selalu mencuci produk dengan benar sebelum mengonsumsinya.