Selain Lezat, Keju Mozarella Bagus untuk Anak dan Ibu Hamil

Panties Pizza
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Siapa yang bisa menolak kelezatan keju mozarella? Rasanya yang gurih dan kenyal, mampu membuat siapa saja ingin menyantapnya lagi dan lagi. Tak heran, jika keju mozarella kerap ditambahkan ke dalam banyak makanan dan jadi favorit banyak orang. 

Kabar baiknya adalah, bukan hanya lezat, keju mozarella juga bagus untuk dikonsumsi ibu hamil, lho. Dokter spesialis gizi klinis, Dr.dr Samuel Oetoro, MS SpGK (K), turut menjelaskan manfaat dan syaratnya. 

"Keju mozarella bagus sekali buat wanita hamil, tapi dipilih keju mozarella yang rendah lemak. Bahannya bisa dari susu rendah lemak, atau bahkan susu nonfat," ujarnya saat tayangan Hidup Sehat di tvOne, Rabu 24 Juni 2020.

Lebih lanjut, dokter Samuel menyarankan, sebaiknya ibu hamil tidak mengonsumsi keju mozarella yang terbuat dari susu full cream, karena akan menyebabkan kelebihan lemak. 

"Naik berat badannya akan terlalu banyak. Nanti akan problem lagi, buat si bayinya, waktu melahirkan atau setelah melahirkan. Dia akan kesulitan mengontrol berat badannya," lanjut dia. 

Selain baik untuk ibu hamil, Samuel menyebut, keju mozarella juga baik dikonsumsi anak di bawah 12 tahun. Kelebihannya, keju mozarella bisa menjadi sumber kalsium, sehingga pembentukan tulang anak menjadi optimal. 

"Karena dia protein dan kalsiumnya tinggi. Dan membentuk massa tulang tubuh itu perlu protein, kalsium. Karena protein untuk pembentukan tulang, itu berfungsi seperti semen. Jadi, adukan pasir, kapur, semen, buat membentuk tembok yang bagus itu harus ada perekatnya, perekatnya semen," kata dia. 

"Nah, protein itu merekatkan kalsium di dalam matriks inti tulang supaya tulangnya padat. Jadi, kita mengonsumsi kalsium, jangan lupa juga mengonsumsi makanan tinggi protein," saran Samuel.