Ketumbar Ampuh Atasi Diabetes, Pakar Beri Resepnya

Ilustrasi Ketumbar
Sumber :
  • Pixabay/ PDPics

VIVA – Ketumbar merupakan salah satu rempah yang biasa dipakai dalam bumbu masakan sehari-hari. Selain itu, rempah satu ini memiliki aroma yang khas sehingga bermanfaat untuk menghilangkan bau amis pada daging sapi, kambing, atau ikan.

Ketumbar bubuk juga kerap hadir dalam masakan khas Indonesia, seperti rendang hingga gulai. Selain menambah kelezatan di lidah, aroma khasnya juga kerap menggoda.

Tak hanya itu, ketumbar juga menjadi pilihan sebagai obat bagi beberapa penyakit tertentu. Seperti pada kondisi diabetes, yang ternyata berkhasiat untuk menekan kadar gula darah berlebih.

"Kerjanya seperti insulin sehingga gula darah diserap ke sel dan kadarnya diturunkan dari dalam tubuh. Maka ini sangat mampu mencegah diabetes," ujar pakar herbal, dr. Muthaharrah Msi., dalam acara Hidup Sehat, tvOne, Rabu 22 Juli 2020.

Selain itu, kolesterol di dalam darah juga dapat dikendalikan dengan sifatnya yang meluruhkan plak-plak jahat di peredaran darah. Hal ini secara tidak langsung turut berkonstribusi pada pencegahan penyakit jantung.

Nah, agar khasiat ketumbar bisa dirasakan, dokter memberikan resep dan cara membuatnya yang sangat mudah. Berikut rangkumannya.

Bahan

2 sdm biji ketumbar

1 gelas air matang

Cara membuat

Tuang biji ketumbar ke dalam air matang tersebut.

Diamkan 30 menit, tutup.

Setelahnya, bisa langsung diminum atau dicampur madu.

Konsumsi ramuan ini satu kali sehari selama setiap hari sebelum makan.