5 Olahan Daging Kambing ala Timur Tengah, Insipirasi Menu Idul Adha

Beef shawarma wrap.
Sumber :
  • Cookpad/Regeena123

VIVA – Idul Adha yang jatuh pada Jumat 31 Juli 2020 esok selalu identik dengan sajian olahan makanan daging kambing. Sebut saja sate, rendang, gulai, hingga tengkleng, semuanya dibuat dari daging kambing. 

Namun, daging kambing tidak hanya itu saja, beberapa makanan Timur Tengah berbahan daging kambing begitu familiar di lidah masyarakat kita. Berikut ini beberapa hidangan Timur Tengah yang berbahan dasar daging kambing yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Shawarma

Shawarma pada dasarnya mirip dengan kebab, yakni daging kambing dan sayuran seperti tomat, mentimun, lobak, hummus, tahini, dan sebagainya yang telah dibumbui dibungkus di dalam kulit tortilla, lalu dipanggang atau di-pan fried.

2. Pilaf

Plov atau Osh atau Pilaf ini merupakan makanan khas Uzbekistan. Suguhan ini terdiri dari nasi dan potongan daging kambing atau domba. Selain itu menu ini juga ditambahkan dengan beberapa bahan lainnya seperti wortel parut dan bawang, buncis, kismis, dan barberries.

3. Lahmacun

Lahmacun merupakan makanan asal Turki yang mirip dengan pizza. Meski memiliki kemiripan dengan pizza namun lahmacun tidak memakai saus tomat. Untuk makanan ini terdiri dari roti tipis garing yang diberi aneka topping seperti daging kambing cincang dan sayuran tomat, bawang bombay, dan peterseli, yang dipanggang sampai suhu tertentu.

4. Nasi kebuli

Terbuat dari nasi yang dimasak bersama daging kambing, ayam, dan aneka rempah. Makanan asal Timur Tengah ini memiliki rasa gurih serta kuat membuat sajian ini begitu menarik. Biasanya Nasi Kebuli disajikan dalam porsi yang terbilang besar dengan potongan daging melimpah sebagai pelengkapnya dalam satu nampan.

5. Talas boregi

Berasal dari Turki, boregi merupakan kue jenis pastry berlapis. Kue ini terbuat dari daging kambing, kentang, wortel, dan berbagai bumbu.