Gak Perlu Digosrek, Ini Cara Mudah Bersihkan Wadah Makanan dari Minyak

Bersihkan tempat makan dari minyak
Sumber :
  • Facebook Nazry Isa

VIVA – Di tengah pandemi COVID-19, tidak bisa dipungkiri bahwa kita sering memesan makanan di restoran melalui jasa pengiriman online. Berbicara mengenai memesan makanan secara online, tentu kita sering menjumpai wadah atau tempat makanan yang dibeli berbahan plastik. 

Meski wadah plastik bekas makanan sering dibuang, tidak sedikit masyarakat yang menggunakannya kembali wadah itu untuk hal lain. Misalnya saja wadah penyimpanan barang pernak pernik dan sebagainya. 

Baca Juga: Tubuh Berotot 7 Pria Ini Keren Abis, Siapa Sangka Usianya 70 Tahun

Tentu untuk menggunakan ulang wadah kontainer berbahan plastik itu kita harus mencucinya kembali agar bersih dan bisa digunakan. Namun terkadang yang menjadi PR adalah sulitnya membersihkan minyak di wadah tersebut. Sebab minyak pada makanan lebih sulit dibersihkan. 

Tapi seorang netizen bernama Nazry Isa mengunggah video tutorial membersihkan wadah plastik dengan minyak membandel di akun Facebooknya. Sontak unggahan itu berhasil dibagikan lebih dari 2.000 kali. Berikut ini tutorial singkatnya.

1. Tuang sedikit sabun cuci piring ke dalam wadah 

2. Setelah itu isi dengan air

3. Masukkan potongan kecil paper towel 

4. Tutup wadah kemudian kocok wadah tersebut

5. Buang air dan bilas dengan air bersih

"Saya benci membersihkan wadah seperti ini dan saya menemukan bahwa ini adalah cara termudah untuk menghilangkan minyak dari wadah makanan, sehingga kamu dapat menggunakan kembali atau mendaur ulangnya. Kari, sambal, lodeh, saus apa pun dengan banyak minyak, metode ini dapat mengatasinya," tulis dia di akun Facebooknya.

Meski telah mencoba teknik ini, kata dia mungkin tidak akan bisa berhasil jika wadahnya tidak terlalu kotor.

"Saya rasa bagian luarnya bisa bersih jika setelah dibilas diberikan sabun lagi. Dan  entah bagaimana karena mencuci tanpa menyentuhnya, saya secara tidak sadar menggunakan lebih banyak cairan pencuci piring, yang menurut beberapa orang mungkin sia-sia. Meskipun trik ini berguna untuk membersihkan minyak lebih cepat dan mudah, mungkin ada orang lain yang ingin tetap menggunakan metode mencuci piring pada umumnya," kata Isa yang dikutip dari laman Asiaone.

Gimana mau coba?