Unik! Ayam Geprek Ini Tawarkan Bumbu Madura hingga Sambal Krecek

Ayam Geprek Ayam Pusaka Abadi.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Nasi hangat dipadu dengan pedasnya ayam geprek, siapa yang enggak ngiler? Apalagi buat Kamu para pecinta pedas, rasanya enggak nampol kalau makan tanpa sambal. Benar enggak sih?

Ya, sajian ayam geprek memang sudah banyak dijual di pasaran dan kuliner ini cukup memiliki banyak penggemar. Tapi masalahnya, kebanyakan ayam geprek cukup egois.

Maksudnya, sebagian besar hanya menawarkan cita rasa pedas tanpa dibarengi dengan rasa yang lezat. Belum lagi, biasanya sambal yang ditawarkan itu-itu saja dan cenderung tidak beragam.

Nah, jika Kamu mengeluhkan hal yang sama dan ingin mencicipi ayam geprek tak biasa, Ayam Pusaka Abadi atau Pusbad bisa jadi pilihan. Lalu, apa perbedaan dengan ayam geprek lainnya?

Founder sekaligus Owner Ayam Pusaka Abadi, Calvin Wijaya, mengatakan, selain mengutamakan cita rasa, mereka mencoba mengangkat etnik, kultur dan kualitas kuliner Indonesia ke mata dunia.

Berbeda dengan ayam geprek lainnya, Calvin menjelaskan, Ayam Pusaka Abadi mengangkat cita rasa masakan khas dari daerah-daerah di Indonesia, seperti sambal bawang, bumbu Madura, sambal krecek, saos kacang, sambal matah dan bumbu khas Jimbaran.

"Sambal-sambal tadi dipadukan dengan ayam goreng tepung yang digeprek sebanyak 17 kali, sehingga bumbu dan sambal semakin meresap dan menyatu," ujarnya saat Grand Opening Ayam Pusaka Abadi di Gunung Sahari, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Lebih lanjut, Calvin menjelaskan, ada banyak cerita di balik setiap menu yang disajikan. Misalnya saja, menu Pusbad Bakar Jimbaran, yang baru diluncurkan.

"Kami ingin orang bisa lebih mengenal menu khas Bali selain sambal matah, yaitu bumbu khas Jimbaran yang jarang ditemui tetapi memiliki cita rasa yang tak kalah nikmat. Dengan menu ayam geprek yang dipadu bumbu bakar Jimbaran dan sambal matah ini, pasti bikin kangen Bali langsung terobati," kata dia.

Selain itu, ada lagi Ayam Geprek Pusbad Sambal Krecek. Menurut Calvin, menu ini mengingatkan kita akan kuliner khas Yogyakarta.

"Ternyata sambal krecek ini bisa divariasikan sebagai sambal untuk ayam geprek. Tanggapan pasar juga cukup baik. Bahkan sempat viral beberapa waktu lalu," tuturnya.

Saat ini, Ayam Pusaka Abadi menawarkan lima menu, di antaranya Pusbad Bumbu Madura, Pusbad Sambal Krecek, Pusbad Saos Kacang, Pusbad Sambal Bawang, dan yang terbaru adalah Pusbad Bakar Jimbaran.