Resep: Tomyam Homemade Super Mudah

Ilustrasi Tomyam
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Libur akhir pekan datang lagi. Saat kumpul keluarga di akhir pekan, paling enak menikmati waktu bersama sambil mencicip hidangan istimewa. Buat kalian yang belum punya ide akan menyajikan hidangan apa buat keluarga di akhir pekan, menu Tomyam mungkin bisa jadi pilihan.

Dikutip dari laman Cookpad, resep Tomyam berikut ini mungkin bisa kamu coba di dapur. Ingat, ajak orang-orang tersayang untuk membantu membuatnya. Bisa mengajak buah hati, sahabat, pasangan atau kerabat. Yuk intip resep dari  Bonemarrow berikut ini, waktu memasak cukup 30 menit saja.

Tomyam

Bahan-bahan: 

sesuai selera Aneka bakso seafood, banyaknya
5-10 ekor udang, potong-potong
2 buah wortel potong serong
Jamur enoki (boleh diganti pokcoy)
2 buah tahu potong kotak kecil
2 btg daun bawang potong serong
sesuai selera Boleh tambah bihun
750 ml air

Bumbu halus:

5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3-5 buah cabe merah

Bumbu utuh/dicemplung saja: 

5-10 buah cabe rawit/mercon
3 cm lengkuas geprek
1 batang serai geprek
1 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk nipis

Bumbu:
1 sdm garam
1 sdt gula
1 sdt kaldu jamur
1 sdm saus tiram
1 sdt perasan air jeruk nipis (optional)

Langkah Membuat:

1.Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan bumbu cemplung, tumis hingga harum. Masukkan semua bumbu dan air.

2.Masukkan wortel dan udang. Lalu bakso seafood, tahu. Dan terakhir jamur enoki/ sayur2an. Tergantung dengan tingkat kematangannya. Daun bawang di akhir saja.

3.Koreksi rasa dan sajikan.

Nah, mudah bukan membuatnya? Kondisi saat ini memang memaksa kita untuk lebih sering tinggal di rumah dan membuat kita merasa terpaku dalam ritme kebosanan yang kemudian membangkitkan keinginan untuk sejenak melepaskan diri dari rutinitas dengan mencari pengalaman yang tidak biasa.

Jika kamu dan keluarga tak sempat juga untuk memasak hidangan Tomyam di rumah, saat ini juga tersedia berbagai hidangan instan dengan citarasa Thailand yang khas. Salah satunya, Mie Instan YumYum dengan rasa otentik Thailand dari PT Ajinomoto Indonesia. 

Nah, brand mi instan satu ini menghadirkan pengalaman berbeda tersebut ketika mencicipi semangkuk mie instan. Saat liburan ke Thailand tidak memungkinkan, mi instan satu ini menawarkan rasa mi instan dengan sensasi berbeda. Salah satunya, ada  varian Tom Yum Udang Kuah Creamy.

“YumYum menawarkan kenikmatan dengan rasa unik dan esensi asli Thailand. Mienya tipis dan kenyal dengan tekstur yang pas, sangat cocok dengan sup Tom Yum yang kental dan creamy. Sangat pas disantap untuk sarapan, makan siang, dan makan malam, karena sangat mudah untuk dimasak atau bahkan Anda cukup menyeduhnya dengan air panas sudah dapat menikmati semangkuk mie Tom Yum Udang Kuah Creamy. Kami ingin banyak keluarga di Indonesia merasakan lezatnya mie ini melalui promo spesial kami,” kata Maulani Reviana, Processed Foods Dept Manager - PT Ajinomoto Sales Indonesia lewat rilis yang diterima VIVA.

Meski Indonesia dan Thailand berjarak 2.333 KM, kamu bisa mendapatkan semangkuk mi instan dan citarasa khas Thailand di supermarket dan minimarket terdekat (periode promo akan berbeda di setiap outlet). 

Khusus di bulan Mei, ada promo khusus yang ditawarkan dengan membeli beberapa mie instan dengan varian Tom Yum Udang Kuah Creamy, konsumen bisa mendapatkan reusable shopping bag dengan desain yang menarik yang disukai anak muda milenial. 

Selain itu, bagi konsumen yang membeli dalam jumlah banyak seperti 10 karton akan mendapatkan 1 karton lagi secara gratis.