RESEP: Cah Jamur Bayam Rendah Garam

Cah Jamur Bayam
Sumber :
  • Dokuemntasi Ajinomoto

VIVA – Mengonsumsi makanan rendah garam sudah lama diketahui bisa membantu meningkatkan kondisi kesehatan dan mencegah terjadinya hipertensi.

Menurut Prof Ahmad Sulaeman, Guru Besar Bidang Keamanan Pangan & Gizi di Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB, mengungkap, sebenarnya ada banyak cara untuk mengurangi risiko hipertensi. Salah satu caranya adalah dengan mengurangi asupan garam atau diet rendah garam. 

“Kandungan natrium dalam MSG hanya 1/3 dari kandungan natrium pada garam biasa, dan juga sudah banyak penelitian sebelumnya yang menunjukkan penggunaan MSG bermanfaat untuk membantu mengurangi asupan garam sekaligus menjaga kelezatan makanan," katanya lewat rilis yang diterima VIVA.

Hal ini, lanjut Prof Ahmad, juga terbukti, dengan sertifikat halal dan izin BPOM bahwa penggunaan MSG sangat aman, asalkan sesuai dengan anjuran penggunaan.

Contoh menu dengan pengurangan garam seperti ‘Cah Jamur Bayam. Setelah mengetahui fakta dan keuntungannya, Anda juga bisa langsung berbelanja.  Yuk intip resep sederhana rendah garam Cah Jamur Bayam untuk 4 porsi.

Cah Jamur Bayam 

Bahan    
100 gr Jamur Tiram suwir
100 gr Daun Bayam
2 siung bawang putih, iris
3 siung bawang merah, iris
1 buah cabai merah besar, iris
2 gr garam
1 gr Ajinomoto
1/4 sdt Lada Bubuk
1 sdm Minyak goreng
50 ml air

Cara Memasak

1.Panaskan minyak goreng, Tumis bawang putih, Bawang merah dan Cabai, aduk hingga harum. Tambahkan Air.
2.Masukan Jamur tiram  aduk rata, masak hingga hampir matang
3.Masukan bayam, Tambahkan Garam, penyedap rasa dan Lada bubuk Aduk rata masak sebentar, Angkat dan sajikan.

Informasi Nutrisi

Masakan ini mengandung banyak nutrisi mulai dari kalori (37.55 kkal), karbohidrat (3.1 g), Protein (1.475 g), lemak (2.675 g), Serat (0.7 g), PUFA (0.125 g), Vit C (9.25 mg), Calsium (54.4 mg), Iron (1.2 mg), Vit A (254.75 Hg), Vit B1 (0.05 mg), Vit B2 (0.125 mg), Vit B6 (0.15 mg), Sodium (225.5 mg), Potasium (226.5 mg), Magnesium (18.5 mg), Phospor (39.925 mg), Zink (0.325 mg). 

Perlu diketahui, PT Ajinomoto Indonesia kali ini meluncurkan microsite terbaru untuk Brand MSG di website perusahaan Halaman tersebut memuat fakta menarik tentang Umami dan Monosodium Glutamate (MSG), serta berbagai resep menu dengan strategi pengurangan garam namun tetap menjaga kelezatannya. 

Microsite ini akan mendukung keluarga Indonesia untuk lebih kreatif dalam memasak dan menerapkan gaya hidup sehat, terutama dalam situasi pandemi COVID-19.

“Masih ada beberapa orang yang memiliki stigma negatif terhadap MSG, yang menjadi salah satu alasan kami meluncurkan microsite terbaru ini," ungkap Putri Astriani, Brand Manager Ajinomoto Indonesia. 

“Inilah alasannya, kami menyediakan berbagai resep menu pengurangan garam di microsite terbaru. Karena para ibu lebih concern untuk menerapkan pola hidup sehat terutama di masa pandemi COVID-19 ini. Jika Anda mencari resep lezat yang dapat sekaligus mengurangi asupan garam untuk gaya hidup yang lebih sehat. Saya yakin resepnya akan cocok untuk Anda," lanjutnya.