Manjakan Lidah dengan Tujuh Jenis Rendang

Rendang.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Di Indonesia, terdapat dua versi rendang yang terkenal yaitu rendang kering dan rendang basah atau kalio. Rendang kering banyak disebut sebagai rendang Minang sejati karena proses masaknya yang meghabiskan waktu berjam-jam, hingga santan mengering dan mengeluarkan minyak, serta bumbu pun diserap sempurna oleh daging. Karena dimasak dalam waktu yang lama, rendang kering memiliki warna yang lebih gelap yaitu cokelat kehitaman.

Jika dimasak dengan tepat dan disimpan dalam suhu ruangan, rendang kering dapat tahan selama tiga sampai empat minggu. Jika dibekukan, rendang dapat bertahan hingga enam bulan lamanya.

Nah, rendang basah atau kalio adalah rendang yang santannya belum begitu mengering karena waktu memasaknya yang lebih singkat. Itulah sebabnya, rendang ini hanya dapat disimpan dalam waktu kurang dari seminggu. Warna rendang basah biasanya lebih pucat dan berwarna cokelat keemasan.

Bicara rendang, Malaysia juga memiliki versinya sendiri. Ini tidak terlepas dari sejarah panjang rendang yang telah dikonsumsi bangsa Melayu sejak tahun 1550, menurut Hikayat Amir Hamzah. Inilah mengapa rendang banyak ditulis dalam kesusastraan Melayu klasik.

Rendang Malaysia yang juga disebut rendang kelantan dan memiliki beberapa perbedaan mendasar dengan rendang Indonesia. Proses memasak rendang Negeri Sembilan jauh lebih singkat.

Tekstur bumbu yang kental juga didapat dengan menambahkan kelapa parut yang telah disangrai. Ini sungguh berbeda dengan rendang Minang yang dibuat hingga berwarna kehitaman, tetapi tidak gosong. Kuncinya adalah dengan terus mengaduk sampai bumbu terkaramelisasi.

Anda penasaran dengan variasi rendang tradisional yang belum banyak diketahui masyarakat, VIVA.co.id telah merangkumnya untuk Anda:

Rendang Lokan

Karena terbuat dari kerang, rendang ini hanya dapat dijumpai di daerah pesisir. Kota Painan adalah salah satu kota di Padang yang banyak memproduksi rendang kerang. Lokan adalah kerang bercangkang besar, setelah cangkang dipisahkan dari isinya, kerang ditusuk dengan jarum yang telah diberi tali.