4 Trik Kupas Telur Rebus dengan Mudah

Telur.
Sumber :
  • Pexels/unsplash

VIVA.co.id – Mengupas kulit telur rebus adalah hal yang sederhana, namun tak bisa sepenuhnya dibilang mudah. Mengupas kulit telur rebus tanpa merusak isinya menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Nah, jika selama ini Anda mengupas telur dengan cara yang biasa, meretakannya dengan pisau, pinggiran tembok, pinggiran wadah dan sebagainya, berikut ada cara tidak biasa yang bisa Anda coba di rumah sehingga mengupas telur menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Ini beberapa diantarannya, seperti dilansir dari Huffington Post.

Baking soda

Kandungan alkalin pada baking soda membuat tingkat keasaman telur akan bertambah sehingga cangkangnya menjadi lebih mudah untuk dikupas Tambahkan setengah sendok teh baking soda pada satu liter air saat merebus telur. Setelah direbus, diamkan selama 10 menit dan buang air rebusan. Kupas kulit telur seperti biasa.

Meniup

Pecahkan telur pada bagian atas dan bawah. Kupas bagian yang pecah tersebut. Selanjutnya, tiup melalui lubang bagian atas telur, maka telur akan lepas dari cangkangnya. Jangan lupa arahkan telur pada wadah agar tidak jatuh ke lantai. Jika gagal, mungkin Anda harus mengulangnya kembali.

Teknik pusaran air

Seperti biasa, rebus telur terlebih dahulu. Setelah selesai, masukkan telur ke dalam wadah berisi air dingin. Putar-putar wadah tersebut sehingga air dan telur membentuk pusaran air. Telur-telur akan saling bertabrakan satu sama lain hingga kulitnya retak sehingga memudahkan Anda untuk mengupas kulitnya.

Teknik guncangan

Masukan telur yang sudah direbus ke dalam gelas yang seperempat bagiannya sudah diisi air, tutup mulut gelas dengan tangan Anda. Guncang gelas tersebut sekuat-kuatnya sekitar 5 detik, maka cangkang telur akan retak bahkan sangat mudah untuk dikupas.