Faktor Penyebab Anak Kecanduan Game Online

Anak bermain HP atau gadget.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Era digital membuat gadget menjadi dunia baru bagi anak-anak. Perhatian mereka kemudian terserap kepada gadget karena menawarkan beragam permainan menarik, sehingga kadang lupa dengan dunia di sekitarnya.

Tidak hanya gambar dan tantangan dalam permainan yang membuat anak semakin gandrung pada gadget, ternyata ada faktor pemicu lain yang juga berperan besar membuat anak lebih senang dengan gadgetnya.

Asisten Deputi Perlindungan Anak Dalam Situasi Darurat dan Pornografi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), Valentina Valentina Ginting mengatakan, saat ini terdapat gap antara generasi milenial dengan generasi X.

"Kita tidak boleh gaptek, anak-anak juga tidak bisa dilarang gunakan handphone, tapi bagaimana kita membuat anak menggunakan handphone secara cermat," ujar Valentina dalam diskusi media 'Kejahatan Seksual Anak Melalui Media Online," di Gedung KPPPA, Jakarta, Jumat, 16 Maret 2018.

Valentina pun kembali mengingatkan pesan bahwa cinta seorang ibu akan menenangkan, dan cinta seorang ayah akan menguatkan. Pesan ini bisa menjadi refleksi kenapa anak akhirnya menjadi kecanduan dengan game.

"Karena anak merasa, saya mendapatkan apresiasi ketika main game. Kalau kalah, dia akan mendapat kalimat, 'never mind, you can try again', tapi kalau anak datang ke orangtua dengan rapor yang jelek, dia akan dikatakan anak yang bodoh," kata Valentina.

Karena itu, Valentina pun mengajak para orangtua untuk memikirkan kembali mengenai hal itu demi kesehatan mental anak-anak.