ASI Terbukti Mampu Cegah Alergi pada Bayi

Menyusui.
Sumber :
  • Pixabay/Esudroff

VIVA – Manfaat ASI sudah tidak diragukan lagi. Sudah banyak dilakukan penelitian dengan bukti sangat valid terkait manfaat ASI untuk bayi. Salah satunya manfaat ASI untuk mencegah alergi pada bayi. Namun sempat ada kontroversi terkait pencegahan alergi oleh ASI ini, Mums.

Pada tahun 2011 misalnya, sekelompok peneliti menyatakan jika ASI tidak cukup baik untuk menangkal alergi pada bayi. Hasil penelitian ini kemudian dibantah dengan data-data penelitian yang lebih besar. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun menguatkan posisi ASI berdasarkan banyak penelitian terdahulu, bahwa hingga saat ini belum ada makanan pengganti lain yang terbukti memiliki kualitas lebih baik dari ASI.

Dunia medis pun ramai membantah studi yang menyatakan bahwa ASI tidak cukup kuat mencegah alergi. Salah satunya yang dipublikasikan di British Medical Journal  dengan mengatakan hasil penelitian yang kontroversial itu tidak cukup kuat, dan hanya digunakan untuk menguntungkan industri makanan bayi.

Pihak pemerintah Inggris tak tinggal diam. Dilansir dari dailymail.co.uk, pemerintah Inggris melalui departemen kesehatan meminta semua ilmuwan yang meneliti tentang ASI agar memberikan bukti yang otentik dan melaporkannya kembali dalam kurun waktu satu tahun.

BACA SELENGKAPNYA