Manfaat Menyusui Bayi di Malam Hari

Menyusui.
Sumber :
  • Pixabay/Esudroff

VIVA – Menyusui merupakan salah satu momen bahagia bagi seorang ibu. Namun, tak sedikit yang belum memahami informasi tepat mengenai fakta menyusui untuk si kecil.

Salah satunya tentang saat menyusui terbaik di waktu malam hari. Dikatakan dokter spesialis anak sekaligus Ketua Satgas ASI Indonesia, dr. Elizabeth Yohmi SpA., menyusui di malam hari akan mempercepat peningkatan produksi ASI.

"Saat bayi makin sering disusui, maka produksi ASI juga semakin banyak. Nah, paling disarankan menyusui di malam hari karena waktu malam dapat mempercepat produksi ASI," ujar dr. Yohmi, dalam Temu Media Mothercare di Jakarta, Rabu 17 Juli 2018.

Dikatakan Yohmi, saat malam hari, hormon prolaktin dalam tubuh ibu mulai diproduksi. Hormon ini yang berperan dalam peningkatan produksi ASI.

"Saat malam hari, hormon prolaktin diproduksi sehingga ASI meningkat. Di malam hari juga, bayi memiliki insting untuk terbangun dan meminta ASI pada ibu," ungkapnya.

Meski begitu, menyusui memang membutuhkan kesiapan yang baik dari para ibu. Terlebih, menyusui akan terasa menyenangkan saat ada niat baik untuk si kecil.

"Bangun saat malam hari dan tengah malam memang akan merubah pola tidur ibu, memang akan bikin capek. Tapi, harus ada niat dan sukarela serta dukungan dari ayah, yang bisa membuat menyusui terasa menyenangkan."