Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Insight

Informasi

Gempa Lombok, KPAI Minta Pemerintah Adakan Trauma Healing

Senin, 30 Juli 2018 | 10:14 WIB
Foto :
  • Courtesy of Lalu Onank/Social Media via REUTERS
Warga berkumpul akibat gempa bumi di Lombok

VIVA – Gempa berkekuatan 6,4 SR terjadi di Nusa Tenggara Barat pada 29 Juli 2018 dini hari. Sejumlah wilayah terdampak dan mengalami gempa susulan sebanyak 203 kali, di antaranya Lombok Timur, Lombok Utara, Mataram, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, Sumbawa Besar, Denpasar, Kuta, Nusa Dua, Karangasem, Singaraja, Gianyar dan beberapa wilayah di Bali.

BMKG memperkirakan kejadian gempa susulan akan berlangsung hingga beberapa hari bahkan beberapa minggu. Korban jiwa akibat gempa tersebut kini telah mencapai 17 orang.

Baca Juga

Sehubungan dengan peristiwa tersebut, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Sosial terkait penanganan anak korban Gempa NTB. Saat ini, Kemensos RI telah menurunkan Tim Layanan Dukungan Psikososial, dan KPAI memastikan tim tersebut tersebar di desa-desa terdampak, tidak hanya terpusat di satu lokasi.

Mengingat perlindungan dan pemenuhan hak anak dalam situasi darurat bencana gempa NTB sangat mendesak, KPAI menyampaikan beberapa hal berikut, seperti disampaikan dalam pesan tertulis yang diterima VIVA, Senin, 30 Juli 2018:

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler