Pengasuh vs Daycare, Pilih Mana?

Ilustrasi anak.
Sumber :
  • Pixabay/cherylholt

VIVA – Saat ini, pilihan orang tua untuk menitipkan anak semakin beragam. Mulai dari memercayakan anak di bawah pengawasan orangtua, merekrut pengasuh, hingga menitipkan anak di daycare. Di antara opsi-opsi tersebut, manakah pilihan yang paling cocok untuk si kecil?

Untuk menentukan hal ini, Mums harus memastikan kualitas pengasuhan yang ingin diberikan kepada anak. Secara umum, sangat penting bagi Mums untuk memahami sifat, kesukaan, kegemaran, kesehatan dan perilaku si kecil.

Misalnya, bayi di bawah usia setahun membutuhkan orang yang sangat telaten untuk menggendong dan merawat semua keperluannya. Sedangkan anak yang lebih besar, memerlukan fasilitas pengasuhan yang menyediakan permainan edukatif, interaksi dengan anak sebaya dan cara pembelajaran yang memuaskan rasa ingin tahunya.

Dilansir dari duniasehat.net, setiap keluarga memiliki nilai dan kebutuhan emosional tersendiri. Ada orangtua yang lebih nyaman ketika anaknya diasuh oleh keluarga atau orang kepercayaan di rumah sendiri. Ada juga orangtua yang lebih nyaman ketika anak dititipkan ke lembaga penitipan anak berskala rumahan maupun profesional. Yuk, telusuri penjelasan berikut untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan antara pengasuh dan daycare!

BACA SELENGKAPNYA