Anak Akhirnya Masuk Sekolah, Haruskah Diantar dan Ditunggui?

Ilustrasi orangtua antar anak ke sekolah.
Sumber :
  • Freepik/zalkina

VIVA – Hari pertama sekolah menjadi momen penting bagi keberlanjutan pendidikan sang buah hati kelak. Untuk itu, peran orangtua dalam mengantarkan anak di hari pertama sekolah menjadi penting bagi si kecil.

Hal itu diungkapkan oleh Pemerhati pendidikan anak usia dini, Dr Andyda Meliala.

"Jadi memang penting banget karena memasuki lingkungan baru dia perlu pegangan, dia perlu merasa aman dengan orang yang sudah punya ikatan batin dengan dia," ucapnya saat acara SGM Eksplor 3Plus bertajuk ‘Dukung Semangat si Kecil Sekolah dengan Nutrisi Seimbang’ di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 4 Juli 2019.

Sehingga, lanjut Andyda, anak tidak perlu takut dan terkejut ketika menghadapi dunia baru. Hal lain yang juga kerap menjadi pertanyaan dan kekhawatiran banyak orang tua ialah apakah mereka harus menunggu si kecil hingga selesai di sekolah.

"Tergantung masing-masing anak. Untuk anak yang pemalu mungkin sedikit lebih lama nungguinnya. Tapi bagi anak yang secara sosial sudah matang bisa langsung ditinggal," kata dia.

Untuk itu, orangtua perlu dengan jeli memperhatikan kebutuhan masing-masing anak. Menurutnya, untuk anak yang cenderung pemalu, tidak apa jika orangtua harus menunggu di sekolah untuk waktu yang relatif lebih lama.

"Bagi anak yang pemalu itu, pemalu itu faktor genetik, jadi itu lebih sulit. Ini perlu pendampingan langkah demi langkah. Mungkin akan butuh lebih lama tapi enggak apa-apa. Mungkin sekolah yang pendek dulu, yang satu jam, tapi anak harus nyaman," kata dia.

Lebih jauh, ia juga menyampaikan bahwa biar bagaimana pun juga, pendidikan usia anak menjadi pondasi penting pendidikan mereka di masa mendatang. Dengan anak mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), mereka akan lebih siap dalam mengeksplorasi hal-hal pertama.