New Normal, Dokter Reisa Sarankan Balita Jangan Diajak ke Mal

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas COVID-19, dokter Reisa Broto Asmoro
Sumber :
  • covid19.go.id

VIVA – Juru bicara pemerintah untuk COVID-19 dr. Reisa Broto Asmoro mengingatkan masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan saat ke fasilitas umum seperti mal. Sementara, para anak di bawah lima tahun tak disarankan untuk ikut bersama orangtuanya dan tetap di rumah.

Hal ini mengingat anak adalah kelompok rentan terhadap penyakit menular itu. Jika memang kondisi dan situasi sangat darurat, maka anak harus diberi perlindungan diri yang maksimal.

"Namun apabila terpaksa, pertimbangkan penggunaan pelindung wajah atau face shield dan masker sebagai perlindungan," ujarnya dalam konferensi pers daring di Gedung BNPN, Senin 22 Juni 2020.

Pengunjung dan pedagang juga diharapkan agar mematuhi untuk tak membawa kelompok rentan lain ke area umum seperti ibu hamil, lansia, penderita penyakit penyerta, atau penyandang disabilitas yang terlibat dan lain sebagainya ke dalam pusat perbelanjaan.

Bagi pengelola fasilitas umum, disarankan agar melakukan pembersihan secara rutin setidaknya tiga kali sehari.

"Pembersihan diutamakan pada area atau peralatan yang digunakan bersama seperti, pegangan pintu dan tangga, tombol lift, pintu toilet, dan fasilitas umum lainnya," kata dia.

Dalam memasuki babak New Normal, tentunya masyarakat perlu menyesuaikan kondisi dan membekali diri dengan informasi yang valid, akurat, dan terpercaya khususnya seputar isu kesehatan.

Masyarakat juga membutuhkan layanan kesehatan yang sesuai di tengah kondisi pandemi saat ini. Maka dari itu, diperlukan wadah khusus yang dapat menyediakan sarana informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia dalam pandemi ini.

"Dengan adanya perubahan perilaku masyarakat serta masih kurangnya informasi seputar isu kesehatan, maka dari itu bertepatan dengan memasuki satu tahun Jovee & Lifepack, kami sebagai perusahaan yang bergerak di bidang digital health berinisiasi mengadakan konferensi kesehatan digital pertama di Indonesia yaitu We The Health,” kata Natali Ardianto, CEO Jovee & Lifepack.

We The Health dirancang untuk update seputar isu kesehatan dengan menghadirkan para narasumber berpengalaman dan akan memberikan informasi terkait kondisi New Normal saat ini.

Acara We The Health sendiri telah mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak, di antaranya adalah Bupati Trenggalek H. Mochamad Nur Arifin, dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang akan membuka acara We The Health pada Sabtu 27 Juni 2020 pukul 09:00 WIB.

We The Health akan diisi dengan berbagai topik menarik seputar New Normal dan juga pakar-pakar terkemuka di bidangnya.