Trik Artika Sari Devi Ajarkan Disiplin Anak Lewat Bermain

Artika Sari Devi dan keluarga.
Sumber :
  • Instagram @artikasaridevi

VIVA – Banyak orangtua yang tidak begitu paham apa manfaat dari anak bermain. Mirisnya, saat anak bermain, orangtua menganggap hal itu hanya membuang-buang waktu dan tidak ada manfaatnya sama sekali. Padahal, tidak demikian. 

Artis cantik, Artika Sari Devi, paham betul pentingnya bermain untuk anak. Bahkan, mantan Puteri Indonesia 2004 itu percaya semua hal baik berawal dari proses bermain. 

"Saya dan Mas Baim sama-sama sepakat bahwa mereka harus seimbang antara belajar dan bermain," ujarnya saat konferensi pers virtual bersama Padlle Pop belum lama ini.

Baca juga: Cara Ampuh Artika Sari Devi Atasi Speech Delay Anak

Artika memahami, sejak pagi anak sudah berhadapan dengan layar untuk sekolah virtual. Jadi, istri dari Baim itu memikirkan sekali bagaimana caranya supaya anak bisa refreshing, yaitu dengan menyediakan waktu untuk bermain. Jika Artika sedang tidak ada kesibukan, dia akan ikut bermain. 

"Supaya bisa imbang, kita membuat jadwal harian di rumah. Mungkin bisa jadi ide juga, jadi kapan mamah kosong waktunya, ini saya bisa menemani anak-anak. Tapi, ada juga waktu anak bermain sendiri," lanjut dia. 

Meski membebaskan anak untuk bermain dan berkreasi, Artika dan Baim tetap membuat aturan agar anak-anaknya bisa belajar disiplin dan bertanggung jawab. 

"Ada aturan bermain di rumah kita. Jadi, gak papa bebasin anak berekspresi. Ini anak saya, bawa masuk toples isi ulet bulu yang ditangkep. Ini saya bebaskan aja, asal dia bertanggung jawab sama kebersihan kamarnya," kata dia. 

Wanita 40 tahun itu menjadikan bermain dengan anak sebagai kebiasaan sehari-hari. Meski sibuk, Artika berusaha menyempatkan diri untuk bermain dengan anak, walau hanya 10 - 15 menit saja. 

"Walaupun cuma 10 - 15 menit, itu saya pake banget buat maen sama anak. Saya taruh gadget, terus main sama anak-anak," tutur Artika Sari Devi.