Gempi Hafal Lagu Agnez Mo, Pengaruh Faktor Gen Orang Tua?

Gempita Nora Marten.
Sumber :
  • Instagram @gisel_la

VIVA – Gempita Nora Marten atau dikenal dengan Gempi, selalu sukses membuat netizen gemas dengan tingkahnya. Kali ini, putri mantan pasangan Gading Marten dan Gisella Anastasia itu menunjukkan bakat menyanyinya.

Kecerdasannya memang diturunkan oleh orang tua kah? Gempi saat terlihat mampu menyanyikan lagu “Coke Bottle” milik Agnez Mo dengan lancar.

Bahkan sang ibu begitu terpukau dengan kecerdasan Gempi. Tak heran, banyak orang tua yang penasaran akan kecerdasan Gempi yang mungkin saja diturunkan dari ibunya, Gisel, lantaran memiliki kelihaian menyanyi yang serupa.

Bagaimana pendapat para ahli? Dikutip dari laman Perpustakaan Kedokteran Nasional AS, seperti kebanyakan aspek perilaku dan kognisi manusia, kecerdasan adalah sifat kompleks yang dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan.

Baca juga: Gisel Melongo Lihat Gempi Hapal Lagu Coke Bottle Agnez Mo

Peneliti telah melakukan banyak penelitian untuk mencari gen yang mempengaruhi kecerdasan. Banyak dari penelitian ini berfokus pada persamaan dan perbedaan IQ dalam keluarga, terutama pada anak-anak dan kembar yang diadopsi. 

"Studi ini menunjukkan bahwa faktor genetik mendasari sekitar 50 persen perbedaan kecerdasan antar individu. Penelitian lain telah memeriksa variasi di seluruh genom banyak orang (pendekatan yang disebut studi asosiasi luas genom atau GWAS) untuk menentukan apakah area spesifik genom terkait dengan IQ," tulis peneliti.

Namun, studi-studi ini belum secara meyakinkan mengidentifikasi gen apa pun yang memiliki peran utama dalam perbedaan kecerdasan.

Kemungkinan besar sejumlah besar gen terlibat, yang masing-masing hanya memberikan kontribusi kecil bagi kecerdasan seseorang.

"Kecerdasan juga sangat dipengaruhi oleh lingkungan. Faktor-faktor yang terkait dengan lingkungan rumah dan pengasuhan anak, pendidikan dan ketersediaan sumber belajar, dan gizi, antara lain, semuanya berkontribusi pada kecerdasan," lanjut tulisan itu.

Lingkungan dan gen seseorang saling memengaruhi, dan mungkin sulit untuk memisahkan efek lingkungan dari pengaruh genetika.

Misalnya, jika IQ seorang anak mirip dengan orang tuanya, apakah kesamaan itu karena faktor genetik yang diturunkan dari orang tua ke anak, ke faktor lingkungan bersama, atau (kemungkinan besar) ke kombinasi keduanya? 

"Jelas bahwa faktor lingkungan dan genetik berperan dalam menentukan kecerdasan," tegas peneliti.