Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Dianggap Sehat, Minuman Ini Rusak Gizi Bayi dan Anak

Selasa, 29 September 2020 | 06:30 WIB
Foto :
  • Pixabay/ TheUjulala
Susu kental manis.

VIVA – Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) meminta Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk meninjau kembali Peraturan BPOM Nomor 31 Tahun 2018. 

Peraturan tersebut tentang Label Pangan Olahan terkait pasal yang mewajibkan produsen kental manis mencantumkan pada labelnya, kata-kata yang terkesan bahwa kental manis ini hanya dilarang untuk bayi hingga usia 12 bulan saja. Menurut BPKN, itu memberikan kesan kepada masyarakat bahwa kental manis, aman dikonsumsi bayi dengan usia 13 bulan. 

Baca Juga

"Bunyi dari peraturan itu harus dikaji kembali. Itu kan sama artinya bahwa kental manis bisa dikonsumsi bayi yang usianya masih 13 bulan. Padahal, kental manis tidak boleh dianggap sebagai asupan gizi untuk pertumbuhan karena bisa merusak," ujar Koordinator Komisi Advokasi Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), Rizal E Halim, dalam keterangan tertulis, Senin 28 September 2020. 

Baca juga: Tips Tangkal Hoax Soal COVID-19 dan Contek Info Karantina Korea

Menurut Rizal, kental manis dapat merusak pertumbuhan atau gizi bayi dan anak-anak, jika dikonsumsi. "Perka BPOM itu harus ditinjau ulang. Kita akan mengadakan komunikasi dengan BPOM terkait hal itu," lanjut dia. 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler