Sulit ke Dokter Gigi di Masa Pandemi, Tasya Kamila Punya Solusi Jitu

Tasya Kamila
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Mantan artis dan penyanyi cilik, Shafa Tasya Kamila, membatasi aktivitasnya di luar rumah selama pandemi virus corona atau COVID-19. Wanita yang akrab disapa Tasya itu bercerita, hanya mengambil pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah. 

Namun, bukan berarti pandemi ini tidak membawa tantangan tersendiri bagi istri dari Randi Bachtiar itu. Terutama, saat menghadapi masalah yang berkaitan dengan gigi dan mulut keluarga, dia mengaku masih suka galau. 

"Situasi ini chalanging buat kita. Aku dan keluarga masih minimalisir keluar rumah. Kalau ada keluhan gigi, kadang aku galau juga nih, perlu enggak sih ke dokter gigi, atau sebenarnya masih bisa ditanganin sendiri di rumah. Apalagi di awal pandemi kita sempet diinfoin kalau dokter gigi hanya melayani pasien urgent aja," ujarnya saat Konferensi Pers Pepsodent - Bulan Kesehatan Nasional 2020, yang digelar virtual Kamis 12 November 2020. 

Sementara, Tasya sendiri mengaku bingung apakah masalah gigi yang dia dan keluarganya alami, tergolong darurat atau tidak. Kalaupun bisa ditangani di rumah, dia tidak tahu bagaimana cara menanganinya. 

"Beberapa waktu lalu suami aku tambelan giginya copot. Dia gak nyaman dong, aku juga gak mau diemin aja. Kasihan juga dia tanpa penanganan. Untungnya aku ada tante dokter gigi, jadi bisa tanya-tanya ke dia. Tapi, tante aku juga sibuk, jadi gak bisa cepat balasnya, gak bisa selalu layani aku," lanjut dia. 

Ibu satu anak itu mengaku, meski dia tidak pernah mengalami masalah gigi, tapi biasanya dia tak pernah absen kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Namun, karena sedang pandemi, hal itu pun jadi ikut tertunda. 

"Dan biasanya juga kalau cek ke dokter gigi bawa Arrasya. Minta tolong dokter cek dong gigi Arrasya tumbuh berapa. Terus tanya perawatan gigi anak seperti apa. Walaupun aku paham bagaimana cara merawat gigi aku, tapi sebagai ibu baru, tetep aja aku gak banyak tahu gimana cara merawat gigi anak," kata dia. 

"Jadi selama pandemi ini memang ada consern-consern tertentu, ada keluhan-keluhan yang memang aku bingung cara nanganinnya. Menurutku harus berubah, kita harus banyak cari info sendiri di rumah, aku jadi lebih prever untuk konsul secara online aja," tuturnya. 

Terlebih, ibu dari Arrasya Wardhana Bachtiar itu bercerita, saat putranya berusia 1 tahun, ia ingin konsultasi dengan dokter gigi untuk memastikan perkembangan giginya berjalan normal. Tapi lagi-lagi, kondisi pandemi membuat konsultasi dengan dokter gigi menjadi sulit dilakukan. 

"Adanya konsultasi online dengan dokter gigi melalui WhatsApp Tanya Pepsodent sangat membantu aku untuk berkonsultasi dengan dokter gigi yang responsif dan informatif. Sehingga aku bisa bertanya banyak hal tentang kesehatan ataupun masalah gigi dengan aman dan nyaman," kata Tasya Kamila.