Kemendikbud: Ada Tiga Kunci Hadapi Pandemi

Guru saat PJJ online
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

VIVA – Terkait masalah pendidikan, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Iwan Syahril, Ph.D., menyebut ada tiga kunci untuk menghadapi pandemi virus corona atau COVID-19. 

"Kuncinya sebenarnya ada tiga di masa pandemi ini, dan ini juga terlihat dari semangat pantang menyerah guru-guru di Indonesia pada saat ini, yaitu belajar, berbagi dan berkolaborasi. Tidak akan mungkin kita menghadapi tantangan ini tanpa belajar," ujarnya dalam Webinar Hari Guru Nasional 2020 bertajuk Majulah Tenaga Pendidik Indonesia Timur, yang diinisiasi oleh Bank Central Asia (BCA), Kamis 3 Desember 2020. 

Sedangkan dalam hal berbagi, Iwan melihat guru-guru di Indonesia sudah memperlihatkan semangat kearifan lokal, yaitu gotong royong, yang merupakan esensi dari budaya bangsa di Indonesia. 

"Berbagi dengan guru-guru yang lain dan berkolaborasi untuk mencari solusi dari masalah yang dihadapi selama pandemi. Mengambil inisiatif untuk tidak menyerah dengan keadaan untuk merasa berdaya, untuk merasa kita harus mengupayakan walaupun dengan kondisi yang tidak ideal," kata dia. 

Menurut Iwan, yang seharusnya dilakukan di masa pandemi ini adalah mitigasi, bukan mencari kesempurnaan dari sebuah proses yang bisa dilakukan, karena yang utama tetap kesehatan dan keselamatan.

"Nah, memang tuntutan-tuntutan belajar ini yang tadinya kita lihat 'mungkin gak ya guru-guru di Indonesia', Alhamdulillah yang saya perhatikan guru-guru di Indonesia bisa dengan sangat positif untuk belajar giat sekali di masa pandemi ini," terang dia. 

Yang lebih baiknya lagi yang Iwan perhatikan dari tenaga pendidik di Indonesia adalah, belajar bukan karena ada surat tugas. 

"Tapi karena ingin memecahkan masalah dan untuk membantu anak-anak yang menjadi tanggung jawab kita semua," tutur Iwan Syahril.

Seperti diketahui, jumlah kasus COVID-19 saat ini masih tinggi. Untuk itu, cara yang paling efektif dilakukan untuk mencegah penularan yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan dan selalu melakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan jauhi kerumunan serta Mencuci Tangan Pakai Sabun.

#ingatpesanibu
#satgascovid19
#pakaimasker
#cucitanganpakaisabun
#jagajarak