Bikin Si Kecil Happy, 3 Cara Unik Liburan di Rumah Saja

Ilustrasi ibu bermain bersama anak.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menegaskan untuk tidak melakukan perjalanan liburan, meski hanya mengunjungi keluarga. Hal ini diberlakukan lantaran kasus COVID-19 masih terus meningkat di dunia dengan penyebarannya yang makin meluas.

Meski begitu, bukan berarti liburan panjang akhir tahun kali ini akan terasa membosankan di rumah. Banyak cara yang bisa Anda lakukan agar waktu luang ini bisa dimanfaatkan dengan lebih menyenangkan. Penasaran? Berikut rekomendasinya dikutip dari laman Channel News Asia.

Keliling dunia virtual

"Anda tidak perlu naik pesawat untuk melihat dunia," kata Oneika Raymond, pakar perjalanan dan gaya hidup serta koresponden NBC New York. 

Sebaliknya, pilih satu hari untuk perjalanan virtual dan minta si kecil untuk membuat rencana 'perjalanan'. Biarkan mereka memilih kota untuk diteliti, lalu bantu meniru apa yang mereka temukan.

“Mereka dapat berkata, 'Oke, kami akan ke Shanghai; kita akan makan pangsit di tempat khusus ini.' Maka Anda bisa cari resep pangsit bersama-sama dan hiasi meja seperti di restoran di sana," tuturnya.

Agar lebih seru, minta anak untuk bisa mengutip atau menghafal tiap kata penting sesuai bahasa di negara yang ingin dikunjungi. Lalu, di hari H, ajak anak berkomunikasi dengan bahasa tersebut selagi melakukan perjalanan virtual.

Karya seni

"Kumpulkan tumpukan karya seni anak-anak itu dan adakan pameran, kata Bar Rucci, seorang desainer grafis yang menjalankan Art Bar dan Proyek Kreativitas.

Tutupi dinding dengan kertas kraft, rekatkan karya seni di atasnya, dan beri label pada setiap bagian dengan judul. Gunakan beberapa ruangan sehingga Anda memiliki 'sayap' untuk artis atau gaya yang berbeda, kemudian mintalah anggota keluarga lainnya berjalan-jalan di galeri.

“Biarkan anak-anak memilih apa yang mereka minati,” katanya. “Anda dapat mencari dan memfilter berdasarkan apa yang Anda miliki di rumah. Gabungkan beberapa eksperimen untuk membuat Olimpiade Sains, lalu tantang kakek nenek atau sepupu yang tidak dapat Anda temui tahun ini."

Taman bermain

“Ada sensasi berbeda yang menyenangkan ketika bermain di Disney World yang tidak dapat Anda temukan di tempat lain,” kata Carey Larson, yang telah mengunjungi 30 kali sekaligus Konsultan Kerajaan.

Tetapi untuk anak-anak yang lebih kecil, Anda dapat meniru setidaknya beberapa permainan dengan lebih sederhana. Jika anak-anak Anda sudah pernah, lihat-lihat gambar bersama-sama sehingga Anda tahu detail apa yang harus dibuat ulang; jika belum, gunakan gambar bertema Mickey yang sederhana.

Minta juga anak-anak mengemas ransel dan merasakan seperti piknik di rumah. Anda dapat menonton parade dan kembang api di YouTube, serta wahana yang terasa seolah-olah Anda berada di sana secara langsung.

“Triknya adalah menangkap dengan indra apa yang Anda lihat, tetapi juga apa yang dapat Anda cium dan rasakan,” kata Derek Cole, seorang penggemar Disney.