Bayi Prematur Dimasukkan ke Kantong Sandwich, Alasannya Mengejutkan

Ilustrasi bayi prematur.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Lahirnya bayi secara prematur merupakan kelahiran yang terjadi saat usia kandungan belum mencapai 37 minggu atau lebih awal dari hari perkiraan lahir. Bisa juga, kelahiran bayi prematur terjadi ketika kontraksi rahim mengakibatkan terbukanya leher rahim (serviks), sehingga membuat janin memasuki jalan lahir. 

Karena lahir saat usianya belum cukup, tak heran jika bai prematur merupakan kelompok bayi yang berisiko tinggi. Ini, lantaran ketidakmatangan sistem organ tubuhnya saat dilahirkan, mulai dari paru-paru, jantung, ginjal, hati dan sistem pencernaan yang belum sempurna proses pembentukannya. 

Dengan demikian, bayi prematur sangat berisiko mengalami masalah kesehatan hingga kematian. Untuk itu, perawatan bayi prematur sangat intensive, hingga harus selalu berada dalam inkubator dengan suhu yang sesuai dengan kondisinya yang belum sempurna. 

Di Inggris, demi menjaga bayi prematur tetap sehat, seorang bayi bahkan dimasukkan ke dalam kantong sandwich. Apa tujuannya ya? Simak penjelasannya berikut ini. 

Dokter sengaja memutuskan memasukkan bayi yang lahir secara prematur tersebut ke dalam kantong sandwich, dengan tujuan untuk menjaga suhu tubuhnya tetap hangat. 

Bayi prematur ini berhasil lahir selamat meski ukuran tubuhnya sangat kecil. Seperti apa kondisinya setelah dimasukkan ke dalam kantong sandwich

Emily Rospo dan Samantha Hughes, tak menyangka ketika mereka dikaruniai bayi hanya seukuran tangan manusia dewasa. Pasangan orangtua asal Inggris ini menyaksikan sendiri bayinya lahir hanya seukuran tangan bahkan lebih kecil. Namun mereka bersyukur bayinya lahir dengan selamat. 

Dikutip dari laman Daily Mirror, awalnya dokter mengatakan bahwa nyawa bayi mungil tersebut tak bisa diselamatkan, namun takdir berkata lain. Bayi yang lahir lebih cepat 13 minggu dari perkiraan pada umumnya itu bisa selamat. Ya, bayi yang diberi nama Orla May Rospo Hughes lahir saat usia kandungan masih 27 minggu. 

Kedua orangtuanya, sempat diberitahu dokter agar bersiap menghadapi kemungkinan terburuk karena bayi mungkin saja tidak selamat. 

Namun puji syukur, dokter berhasil menyelamatkan nyawa Orla setelah mereka sigap memasukkan bayi Orla ke dalam kandong sandwich. Sebagai orangtua, Emily bahkan takjub dengan keputusan yang dilakukan dokter memasukkan Orla ke dalam kantong sandwich. Emily tak pernah mendengar sebelumnya, bahwa kantong sandwich bisa memberikan keajaiban untuk keselamatan nyawa bayi prematur. Berikut penjelasan lengkap dokter, mengapa kantong sandwich bisa jadi penyelamat bayi. Klik di sini untuk mengetahui lebih banyak informasinya.