Cegah Stres saat Pandemi, Ini yang Perlu Dilakukan Ibu Menyusui

Ibu menyusui
Sumber :
  • Dokumentasi

VIVA – Proses menyusui merupakan momen penting dalam perjalanan menjadi seorang ibu. Asupan nutrisi, kesiapan fisik maupun mental menjadi unsur penting yang harus diperhatikan, terlebih di masa pandemi COVID-19 saat ini.

Dokter spesialis anak di RSIA SamMarie Basra & RSUD Budhi Asih, dr. Zidnie Prissilla Primawati, Sp.A, menjelaskan bahwa dalam proses menyusui, dibutuhkan kesiapan fisik dan mental dari sang ibu mulai dari usia awal kehamilan demi kelancaran proses produksi dan pemberian ASI. Dari sisi fisik perlu diperhatikan kondisi payudara dan puting yang harus selalu dijaga kebersihan dan kelembabannya.

"Jika payudara membengkak namun tidak optimal dalam mengeluarkan ASI, aplikasikan teknik pijat laktasi untuk membuat rileks dan membantu mengeluarkan ASI yang tersumbat," ujarnya dikutip dari keterangan pers Anmum, Senin 2 Agustus 2021.

Asupan nutrisi juga, lanjutnya, menjadi satu faktor penting yang harus menjadi prioritas sang ibu untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, karena menyusui adalah proses yang panjang dan dapat menguras tenaga. Faktor kesiapan mental pun tidak kalah pentingnya, terlebih di masa pandemi ini dapat menambah kekhawatiran hingga stres.

"Itu berisiko menghambat produksi ASI. Cobalah untuk komunikasi dengan pasangan, dapatkan dukungan dari keluarga, gali inspirasi dari sesama ibu menyusui, serta lengkapi informasi yang komprehensif seputar menyusui. Meskipun saat ini tidak dapat memperoleh informasi dari fasilitas kesehatan secara leluasa, namun ibu tetap dapat mengakses beragam edukasi digital selama divalidasi oleh pakar terpercaya," tutur dia.

Semua faktor ini, kata dokter Zidnie, akan membantu kondisi psikologis ibu dan meningkatkan hormon oksitosin yang berperan dalam melancarkan aliran ASI.

Marketing Manager Anmum, PT Fonterra Brands Indonesia, Riszha Gandjar menyampaikan bahwa kecemasan ibu hamil di masa pandemi tentunya bisa berdampak pada momen persalinan nanti, oleh karena itu pihaknya ingin mendampingi para ibu melalui seri edukasi digital ‘7 Hari Anmum Jadi Yakin Live’ sekaligus perayaan Pekan ASI Sedunia 2021.

"Kami memilih edukasi digital IG Live ini untuk menjangkau para ibu dimanapun berada untuk mendapatkan informasi yang ringkas dan lengkap, yang dibawakan dengan konsep talkshow ringan dan mudah diterima. Harapan kami melalui 7 topik seputar menyusui yang dibawakan selama 7 hari ini, para ibu semakin termotivasi untuk menjalani momen menyusui ini dengan tenang dan yakin di situasi apapun dan merayakannya sebagai sebuah perjalanan istimewa dalam membentuk ikatan kasih sayang yang kuat antara ibu dan anak," ujarnya.

‘7 Hari Anmum Jadi Yakin Live’ diadakan selama 7 hari berturut-turut mulai 1 – 7 Agustus 2021 dengan 7 topik terkini seputar ibu menyusui melalui IG Live di akun Instagram @Anmum_Indonesia. Rangkaian program ini menghadirkan para pakar mulai dari dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dokter spesialis gizi, bidan, psikolog, figur publik, hingga ibu menyusui yang akan berbagi ilmu dan tips menyusui terkini.