Cara Sederhana Agar Si Kecil Lelap Tidur

Seorang bayi sedang tidur pulas.
Sumber :
  • Pixabay/Ben_Kerckx

VIVA.co.id – Si kecil, yang masih berusia di bawah satu tahun, seringkali mudah terbangun dari tidurnya. Kondisi tersebut tentu membuat si kecil mengalami waktu tidur yang kurang.

Kelompok bayi ini biasanya mudah terbangun dengan adanya sedikit gerakan dari orang sekitar, suara kecil bahkan cahaya matahari yang sedikit dari jendela.

Nah, berikut cara mengakali si kecil agar tidak mudah terbangun, dikutip dari laman Today's parent.

1. Nyalakan suara pengalih

Suara pengalih biasanya berasal dari mesin dengan tenaga kecil sehingga menimbulkan suara yang halus, seperti misalnya suara dari kipas angin atau radio kecil dengan nada yang statis. Dengan latar belakang suara ini, biasanya tidak mengganggu tidur dan membuat si kecil lebih nyenyak.

2. Ayunan

Biasanya bayi cenderung mudah tidur saat diayunkan di lengan Anda. Maka, tidak ada salahnya membuat ayunan untuk mudah menidurkan si kecil dan membuatnya tidak mudah terbangun.

3. Ruangan gelap

Atur kembali ruangan tempatnya tidur. Gunakan tirai yang tebal agar cahaya matahari tidak mudah masuk. Pemakaian lampu malam juga dapat membantunya tidur nyenyak.

4. Jangan ganggu

Saat si kecil sudah tertidur, usahakan tidak bolak balik ke kamarnya hanya sekedar mengecek si kecil. Biarkan ia terlelap di dalam tidurnya. (ren)