Cantiknya Masjid Agung Achmad Bakrie di Asahan

Masjid Agung Achmad Bakrie di Asahan, Sumatera Utara.
Sumber :
  • ANTV

VIVA – Kabupaten Asahan, Sumatera Utara,  ternyata punya masjid cantik yang bisa dijadikan alternatif wisata religi bagi Anda yang pulang kampung atau sekadar menghabiskan waktu libur Lebaran di sana.

Berdiri di atas tanah seluas 20 hektare, Masjid Agung Achmad Bakrie ini dibangun pada tahun 2011 lalu sebagai bentuk penghormatan kepada mendiang H Achmad Bakrie, ayahanda dari tokoh nasional H Aburizal Bakrie atau yang dikenal dengan sapaan ARB.

Semula pembangunan masjid ini terkendala biaya dan lahan. Namun, masjid tersebut akhirnya bisa direalisasikan atas inisiatif Bupati Asahan saat itu, H Taufan Gama Simatupang yang menyampaikan niatnya pada Hj. Roosniah Bakrie, Ibunda ARB, untuk membangun Masjid Agung Asahan di atas bekas lahan Hak Guna Usaha PT. Bakrie Sumatera Plantations.

Akhirnya pada tanggal 19 Mei 2011, pembangunan masjid dimulai dan peletakan batu pertamanya dilakukan oleh ARB selaku pimpinan dari kelompok usaha Bakrie. Empat tahun kemudian, tepatnya 5 Agustus 2011, bertepatan dengan MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Utara ke-35, Masjid Agung Asahan diresmikan penggunaannya. Itu ditandai dengan salat zuhur berjamaah yang dihadiri oleh bupati, tokoh daerah dan ratusan masyarakat.

Dibangun berdenah segi empat simetris, bangunan masjid megah dan indah ini memiliki atap bertingkat dua. Di atap tingkat dua diletakkan satu kubah besar dengan garis lingkar berwarna emas. Empat menara menjulang tinggi di empat sudut masjid dengan warna kuning, senada dengan kubah emasnya. Warna putih dan kuning mendominasi bagian luar masjid, dengan aksen warna hijau pada bagian kerawang yang menutup bukaan beranda.

Meski mengadopsi gaya modern, namun bangunan masjid ini memiliki aksen Melayu yang kental pada pernak pernik dan ornamen yang ada di bagian luarnya. Melewati tangga, kesan rumah panggung dengan tangga yang luas dan jendela ala Melayu yang berukuran besar juga membuat aksen Melayu pada masjid ini semakin terasa kental. Bagian dalamnya sendiri sengaja dirancang dengan ornamen minimalis agar terkesan lega.

Di sekitar masjid juga terdapat taman kota yang dilengkapi dengan dua kolam besar yang bisa digunakan untuk olahraga air. Rencananya, bakal dibangun Pusat Pendidikan dan Kebudayaan Islam di sekitar Masjid Agung Asahan.

Saat ini beragam kegiatan juga dilakukan di masjid tersebut, seperti tali asih keluarga Bakrie bersama 1.000 anak yatim yang diadakan pada 7 Juni 2018 lalu. Kegiatan tersebut turut dihadiri Indra U. Bakrie dan Gaby Bakrie sebagai wakil keluarga.

Jelang Hari Raya Idul Fitri, jalur lintas Sumatera dipenuhi musafir yang hendak kembali ke kampung halaman. Nah, masjid ini bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan penat dan rasa lelah di jalan sambil menunaikan salat.