Instagramable, Rumah Kos Ini Jadi Favorit Wisatawan di Malang

Rumah Jaksa Agung, Kost Paling Instagramable di Malang
Sumber :
  • Viva.co.id/Lucky Aditya Ramadhan

VIVA – Malang menjadi tempat favorit wisatawan untuk berlibur. Sebagai wilayah sentra wisata di Jawa Timur banyak homestay atau rumah singgah bertebaran di wilayah Malang.

Mulai dari hotel, losmen, vila hingga guest host bertebaran. Harganya pun bersaing sesuai kantong wisatawan atau para pelancong. Di antara banyak pilihan tempat penginapan ada satu yang menarik yakni, Rumah Kost Jaksa Agung.

Diberi nama Kost karena berkonsep kos harian. Terletak di Jalan Jaksa Agung Suprapto 1 C no 241, Klojen, Kota Malang, rumah ini cukup unik, bertema warna-warni di setiap sudut. Hiasan dan pernak-pernik dibuat kekinian, untuk menggoda generasi milenial datang menginap.

"Awalnya kos bulanan, saya promo kos bulanan itu kok sepi ya peminatnya. Mungkin karena letaknya jauh dari kampus dan bangunan yang sudah tua. Biasanya kan anak muda takut dengan yang seram-seram akhirnya saya harus mengubahnya," kata pemilik kos Mutiara Triza Dinanti, Jumat, 7 Desember 2018.

Mutiara kemudian mencari rujukan dengan berselancar di dunia maya. Dia tercetus ide membuat satu konsep rumah kos tematik yang instagramable. Rumah tua itu kemudian disulap perlahan dibuat warna-warni dengan perpaduan warna cerah yang manis.

"Setelah kita ubah jadi rumah kos instagramable banyak yang minat. Kebetulan juga saya suka warna-warni, tidak ada tema khusus yang penting tidak singup (sempit) dan harga murah pasti wisatawan tergoda," tutur Mutiara.

Mutiara membanderol harga satu kamar mulai dari Rp95 ribu hingga Rp160 ribu. Harga itu untuk satu hingga dua orang pelancong, jika lebih dari dua orang harga justru bisa lebih murah. Satu orang dibanderol Rp30 ribu.

"Setelah diubah instagramable antusiasnya semakin meningkat. Mungkin karena bagus buat spot foto dan harga murah. Yang jelas kita harus jaga kebersihan dan memperindah suasana. Mayoritas itu nyari yang murah dan bersih," ujar Mutiara.

Ada 14 kamar yang disiapkan oleh rumah kos ini. Setiap harinya tamu di rumah kos ini sekira 30 orang. Kapasitas rumah ini cukup menampung untuk 50 orang. Disiapkan opsi tambah kasur bagi rombongan pelancong yang bermalam di rumah ini.

"Ada banyak tipe ya atau kelas. Sweet Room Green room, Cheers full, itu ada yang kamar mandi luar dan kamar mandi dalam. Fasilitas kipas angin, kasur, lemari, televisi dan wifi. Juga gratis sarapan nasi di pagi hari," kata Mutiara.

Mutiara mengaku sejak konsep kos diubah menjadi instagramable rumah ini tidak melayani kos bulanan. Ia hanya melayani kos harian, terutama bagi para wisatawan atau pelancong yang sedang berkunjung ke Malang.

"Paling banyak itu backpaker. Atau wisatawan yang akan berkunjung ke Bromo, Semeru, atau wisata lainnya di Malang. Paling banyak dari Jakarta dan Kalimantan," ujar Mutiara.