Destinasi Liburan Paling Sering Dibahas di Media Sosial

Atraksi Supertress di Singapura
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Menjelang akhir tahun, banyak masyarakat Indonesia mulai merencanakan liburan pergantian tahun. Momen ini, tentunya memunculkan suatu perbincangan tersendiri di media sosial.

Pemantauan media sosial oleh perusahaan media intelligence, Isentia menemukan total 2.322 obrolan terkait liburan akhir tahun. Hasilnya, hampir setengah dari perbincangan tersebut, yakni sebesar 48 persen, berlangsung di Twitter, diikuti oleh Instagram (37 persen), Facebook (12 persen), serta di blog dan forum (tiga persen).

“Dari pemantauan ini, kami menemukan bahwa ternyata netizen sudah mulai memperbincangkan seputar liburan akhir tahun sejak bulan Juli,” ungkap Insight Manager Isentia Indonesia, Rendy Ezra, dalam siaran pers yang diterima VIVA.

Tercatat, volume buzz tertinggi terjadi pada 7 Desember, di mana berbagai brand sudah memulai mempromosikan program atau campaign Natal dan akhir tahun.

Untuk destinasi liburan domestik, Bali menjadi pilihan yang paling banyak diperbincangkan netizen, yaitu 52,5 persen dari total buzz, disusul Bandung sebanyak 12,2 persen, Lombok 8,9 persen, Yogyakarta 7,4 persen, dan Lampung 2,7 persen.

Sementara itu, untuk lima destinasi internasional yang paling diperbincangkan, Singapura berada dalam urutan negara tujuan teratas dengan jumlah 108 buzz, dilanjutkan Amerika Serikat, Eropa, Jepang dan Korea Selatan, masing-masing sebanyak 64 buzz, 59 buzz, 53 buzz, dan 51 buzz. (asp)