7 Hal yang Mesti Dihindari Ketika Berada di Pesawat

Ilustrasi pesawat/traveling
Sumber :
  • Pixabay/Free-Photos

VIVA – Bepergian menggunakan pesawat kini lebih banyak disukai orang. Selain lebih hemat waktu, beberapa travel agent online yang sering memberikan potongan harga semakin memudahkan masyarakat dalam bepergian.

Bagi Anda yang akan bepergian menggunakan pesawat, ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini. Setidaknya ada tujuh hal yang mesti Anda hindari saat menggunakan transportasi pesawat. Berikut ini rangkumannya seperti dilansir dari laman Reader’s Digest.

1. Jangan tambahkan es pada minuman Anda

Sebuah studi EPA pada tahun 2004 menemukan bahwa dari 327 persediaan air pesawat, hanya 15 persen yang lulus standar kesehatan. Sejak dibuatnya Undang-undang (UU) Peraturan Minum Pesawat EPA tahun 2009, standar telah meningkat dan sebagian besar pesawat tidak melayani air minum dari keran, tetapi es batu, namun  seringkali masih dibuat dari air yang sama.

"Tangki air di pesawat sudah tua dan mereka sudah mengujinya dan terdapat bakteri di dalam tangki itu. Saya pasti akan minum air kemasan, itu sebabnya mereka membawa berton-ton botol di pesawat terbang," kata salah seorang pramugari, Linda Ferguson.

2. Jangan mematikan pendingin udara di kursi Anda

Jika pendingin udara di atas kursi membuat kedinginan, ada baiknya tidak mematikannya. Dokter merekomendasikan bahwa udara yang dapat disesuaikan di kursi Anda harus diatur untuk penerbangan sedang atau tinggi sehingga setiap kuman di udara tidak akan memasuki zona pribadi Anda.

3. Jangan menggunakan selimut

Selimut dan bantal yang ditawarkan dalam penerbangan biasanya tidak dicuci dengan benar sampai hari berakhir. Barang-barang seperti bantal dan selimut adalah tempat yang ideal bagi kuman dan kutu untuk menetap dan menyebar dari orang ke orang.

"Saya melihat orang-orang menutup kaki mereka dengan selimut, saya melihat orang-orang bersin di selimut," ujar Ferguson.

4. Hindari kopi atau teh

Minuman berkafein bukan pilihan terbaik Anda saat terbang. "Kafein sedikit membuat Anda dehidrasi. Ini bukan masalah besar untuk minum kafein tetapi juga memasukkan air," kata Dr. Forest.

5. Jangan tertidur di jendela

Anda bukan satu-satunya orang yang menyenderkan kepala ke dinding dekat jendela. Siapa yang tahu siapa lagi yang bernapas, bersin, batuk di area itu.

"Saya melihat banyak orang membawa tisu Lysol dengan mereka yang akan menyeka area di sekitar tempat duduk mereka," kata Ferguson.

"Jika ada cahaya latar dan mereka bisa menyalakan pesawat dengan semua kuman, saya pikir itu akan membuat semua orang ketakutan. Aturan praktis saya, dan saya tidak pernah sakit adalah saya tidak pernah meletakkan tangan saya di mulut atau di dekat wajah saya," tambahnya.

6. Jangan tertidur sebelum lepas landas

Jika Anda melakukannya akan lebih sulit bagi Anda untuk menyamakan tekanan di telinga (yang akan Anda lakukan lebih cepat jika Anda mengunyah permen karet atau menguap). Jika Anda rentan terhadap sakit kepala yang disebabkan oleh penerbangan, tunda tidur sampai pesawat telah lepas landas.

7. Jangan menyentuh tombol flush di kamar mandi

Seperti ruang publik lainnya di pesawat, kamar mandi juga merupakan tempat utama kuman bersembunyi. Untuk melindungi diri Anda, cuci tangan Anda secara menyeluruh dan gunakan handuk kertas untuk menekan tombol flush dan membuka pintu.

"Ketika Anda pergi ke kamar mandi, hal yang benar untuk dilakukan adalah selalu mencuci tangan, mengeringkan tangan dengan handuk, dan kemudian menggunakan handuk untuk mematikan air dan bahkan membuka pintu," kata Dr. Forest. (rna)