Terpesona Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu, Niagara-nya Indonesia

Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang, Jawa Timur
Sumber :
  • VIVA/Bayu Nugraha

VIVA – Berbicara tentang keindahan alam, Kabupaten Lumajang adalah tempatnya. Di samping memiliki negeri di atas awan, Kabupaten Lumajang juga mempunyai wisata alam air terjun yang keindahannya tak kalah dengan air terjun Niagara di Amerika. Air terjun Tumpak Sewu namanya.

Popularitas Air Terjun Tumpak Sewu sebagai Niagara Jawa Timur bukan tanpa sebab. Lebarnya aliran air terjun ini memang mengingatkan masyarakat pada Niagara Waterfall. Lokasi kedua air terjun ini juga sama-sama di perbatasan. Bedanya, Niagara berada di perbatasan negara, antara Amerika Serikat dan Kanada. Namun jika ditilik dari debit airnya, memang berbeda jauh.

Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu yang sangat indah ini mengundang wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang ingin melihat langsung air terjun Niagara versi Indonesia. Dengan banyaknya wisatawan yang datang, membuat Polres Lumajang juga selalu turun ke lokasi guna memberikan rasa aman dan tenang bagi para wisatawan.

Kapolres Lumajang Ajun Komisaris Besar Polisi Muhammad Arsal Sabhan menyebut, Air Terjun Tumpak Sewu ini memang sangat mempesona keindahannya. Tak heran banyak sekali wisatawan yang datang.

Ia pun menuturkan akan membantu agar obyek wisata Tumpak Sewu atau Niagara-nya Indonesia ini selalu aman dan kondusif. Tak hanya itu, ia juga akan membantu supaya objek wisata Tumpak Sewu bisa semakin dikenal baik secara lokal hingga ke mancanegara.

"Karena semakin maju pariwisata pasti akan menyerap masyarakat sekitar untuk bekerja di bidang pariwisata seperti penyedia homestay, pemandu wisata, penyedia transportasi, pedagang sekitar objek wisata dan lain sebagainya. Sehingga secara tidak langsung akan menurunkan kriminalitas khususnya street crime di wilayah tersebut," ujar Arsal kepada VIVA, Selasa, 26 Februari 2019.

Air Terjun Tumpak Sewu atau disebut juga Coban Sewu adalah sebuah air terjun berketinggian sekitar 120 meter yang merupakan air terjun terindah di Pulau Jawa dan Indonesia. Air Terjun Tumpak Sewu memiliki formasi unik karena memiliki aliran air yang melebar seperti tirai sehingga termasuk dalam tipe air terjun Tiered.

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu ada di dalam sebuah lembah curam memanjang dengan elevasi 500 meter di atas permukaan air laut. Air Terjun Tumpak Sewu terbentuk di aliran Sungai Glidih yang berhulu di Gunung Semeru.

Tak mengherankan jika Pemprov Jatim dalam Anugerah Wisata Jawa Timur 2018 memberikan penghargaan Tumpak Sewu sebagai wisata alam terbaik di Jawa Timur. Secara berurut, yaitu Terbaik I terpilih Air Terjun Tumpak Sewu di Kabupaten Lumajang, terbaik II Wisata Gunung Kelud di Kabupaten Kediri, dan terbaik III Watu Rumpuk di Kabupaten Madiun.

Di media sosial khususnya Instagram, Air Terjun Tumpak Sewu juga sudah mendapat predikat sebagai salah satu spot petualangan yang Instagrammable. Banyaknya para petualang yang datang ke sini, baik yang berasal dari dalam negeri sendiri maupun mancanegara, dikarenakan oleh treknya yang mudah dilalui dan letaknya yang mudah dicapai.

Cara menuju Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Meski berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, namun wisata Air Terjun Tumpak Sewu umum dijangkau melalui Kabupaten Lumajang lewat jalan nasional rute 3 lintas selatan Jawa Timur.

Jika berangkat dari Malang, Anda bisa memilih rute perjalanan Bululawang – Dampit – Tirtomoyo – Pronojiwo - perbatasan Lumajang dan Malang. Setelah sampai di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, wisatawan akan melihat pintu masuk obyek wisata Air Terjun Tumpak Sewu di tepi jalan.

Jalan tersebut muat dua kendaraan saat berpapasan. Anda pun bisa langsung parkir di tempat wisata Air Terjun Tumpak Sewu. Air Terjun Tumpak Sewu sangat mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum berupa minibus. Bus-bus dengan rute Lumajang - Malang atau sebaliknya biasanya beroperasi mulai pukul 07.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 16.00 WIB.

Di samping Air Terjun Tumpak Sewu, di sekitar lokasi tersebut ada juga wisata lainnya yang tidak kalah menariknya, yaitu wisatawan bisa menikmati permainan arum jeram dan bagi pecinta Jeep juga ada wisata jalur offroad di lereng Gunung Semeru, sehingga tidak hanya disajikan wisata yang memanjakan mata saja tapi juga memacu adrenalin.(nsa)