Ini Alasan Umum Kenapa Visa Ditolak

Ilustrasi ke luar negeri/visa/traveling.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Jika melakukan perjalanan ke luar negeri, tentu seorang traveler harus mempersiapkan beberapa hal. Bukan hanya soal penginapan hingga alat transportasi saja. Kelengkapan dokumen seperti paspor dan visa juga penting untuk dipersiapkan. Sebab, kedua dokumen tersebut berfungsi sebagai identitas.

Perjalanan kita sebagai traveler Indonesia akan lebih mudah jika mengunjungi beberapa negara yang tidak memerlukan visa, seperti negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Namun, hal itu berbeda, jika kita bepergian ke negara yang memerlukan visa seperti negara-negara Eropa, Amerika Serikat, Australia, hingga negara di Asia seperti Korea dan Jepang.

Tentu saja, proses pengajuan aplikasi visa membuat calon wisatawan merasa was-was. Terlebih jika Anda mengajukan visa yang tergolong sulit seperti visa Amerika, visa Inggris ataupun visa Schengen hingga Korea Selatan. Lalu apa yang membuat pengajuan aplikasi visa seseorang ditolak?

Segment Head Futuready Insurace, Gretel Griselda menyebut, setiap kedutaan memiliki alasan tersendiri mengapa beberapa orang yang mengajukan aplikasi visa ditolak. Salah satunya adalah terkait dengan finansial seorang calon turis yang dianggap kurang memadai.

"Kalau misalnya persis kenapa (ditolak), kita tidak tahu persis. Ada beberapa kedutaan yang menulis, alasannya kenapa ditolak, (karena) finansial tidak cukup. Tidak bisa support dokumen tertentu. Ada juga kedutaan yang tidak menuliskan alasannya kenapa," kata dia saat ditemui di Tempo Scan Building, Kuningan Jakarta Selatan, Selasa, 2 Juli 2019.

Dia melanjutkan, setiap kedutaan memiliki privilege untuk menolak pengajuan visa yang diajukan. Tetapi dia menjelaskan salah satu persyaratan yang memang wajib dipenuhi ketika mengajukan visa Schengen adalah travel insurance.

"Kita memiliki data dari costumer, travel insurance penting untuk visa Schengen," kata dia.