Objek Wisata Favorit di Medan Istana Maimun Ditutup karena Corona

Istana Maimun ditutup untuk umum karena crona.
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Objek wisata Istana Maimun di Kota Medan, menutup sementara kunjungan wisatawan. Hal itu, terkait dengan antisipasi dan pencegahan virus corona atau COVID-19. Penutupan sementara ini, digunakan pengelola untuk bersih-bersih istana peninggalan Sultan Deli itu.

Kepala Bidang SDM Yayasan Sultan Ma'moen Al Rasyid, Tengku Muhammad Dicky menjelaskan penutupan Istana Maimun untuk masyarakat umum sejak Rabu 18? Maret 2020 hingga 1 April 2020.

"Untuk mengambil langkah antisipasi dan pencegahan di mana Istan Maimun juga merupakan salah satu tempat wisata yang paling ramai dikunjungi wisatawan baik asing atau lokal. Untuk itu kami memutuskan untuk menutup Istana Maimun sementara waktu," kata Dicky kepada wartawan di Medan, Rabu, 18 Maret 2020.

Dicky mengungkapkan, ini sesuai dengan instruksi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan surat edaran dari Gubernur Sumatera Utara. ? Dengan ini, pihak Istana Maimun tetap mengikuti kebijakan dari pemerintah tersebut.

"Khususnya bagian balai room dan ruang makan di mana itu lokasi yang dikunjungi wisatawan. Kami akan melakukan pembersihan secara menyeluruh termasuk dengan melakukan penyemprotan disinfektan," jelas Dicky.

Dengan kondisi, Dicky mengungkapkan kunjungan wisatawan terus ada. "?Sampai kemarin masih ada wisatawan dari Malaysia yang berkunjung," tutur Dicky. 

Salah satu wisatawan asal Jakarta, Hendra bersama rombongan menerima keputusan penutupan Istana Maimun sebagai objek wisata ternama di Kota Medan. Meski tidak dapat menikmati wisata, mereka bisa berfoto di depan Istana Maimun.

"Sayangnya kami tidak bisa menikmati Istana Maimun, baiknya tetap dibuka agar kegiatan wisata tetap berjalan. Yang sangat disayangkan, kasihan juga para pedagang di sini yang seharusnya dapat pemasukan dari turis yang hadir. Tapi ternyata tutup karena tadi belum ada pemberitahuan," kata Hendra.

Untuk diketahui, Istana Maimun merupakan bangunan bersejarah yang ada di Kota Medan, dibangun oleh Kesultanan Deli yaitu Sultan Makmun Al-Rasyid Perkasa Alamsyah pada 26 Agustus 1888 dan selesai 18 Mei 1891. 

Saat ini objek wisata itu kerap dikunjungi wisatawan lokal dari berbagai daerah hingga asing mulai dari Malaysia, Singapura, dan Thailand. Dalam kurun waktu sebulan tercatat sedikitnya 5.000 hingga 10.000 wisatawan mengunjungi Istana Maimun.