Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 28 Mei 2020 | 21:25 WIB

Terpaksa Naik Pesawat? Begini Cara Minimalkan Risiko Tertular COVID-19

Team VIVA »
Sumiyati
Foto :
  • ANTARA FOTO/Aji Styawan
Ilustrasi penumpang pesawat

VIVA – Meski kasus virus corona atau COVID-19 terus meningkat, pemerintah di beberapa negara memutuskan untuk melonggarkan karantina. Perjalanan udara domestik sudah dibuka kembali, namun para pelancong diminta untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dengan melakukan tindakan pencegahan, yaitu selalu menggunakan masker.

Tidak dapat disangkal bahwa virus corona akan mengubah cara kita hidup dan bepergian. Beberapa langkah yang bisa diterapkan untuk mencegah penyebaran COVID-19 saat melakukan penerbangan adalah dengan mempraktikkan social distancing dengan membiarkan kursi tengah kosong, sementara pramugari dan petugas lain diwajibkan mengenakan masker dan alat pelindung lainnya untuk menghindari infeksi. Makanan yang biasanya diberikan di pesawat juga dihentikan dan pihak penerbangan rutin melakukan disinfeksi.

Baca Juga

Saat ini, bepergian telah dibatasi atau hanya disarankan bagi mereka yang memiliki keperluan yang sangat penting saja. Jika membicarakan bepergian dengan pesawat, risikonya memang tinggi, karena transportasi udara ini memiliki lingkungan tertutup, di mana memudahkan kuman atau virus corona berkembang biak. 

Melakukan penerbangan pasti berisiko di masa pandemi ini, karena di dalam pesawat memiliki banyak permukaan, di mana percikan batuk atau bersin seseorang dapat mengendap, dari makanan, toliet, sandaran kepala atau meja yang ada di pesawat. 

Bahkan, pesawat bisa menjadi rumah penangkaran infeksi. Sebuah penelitian baru-baru ini juga menyatakan bahwa kursi pesawat adalah salah satu tempat paling berisiko sebagai tempat penularan COVID-19. 

Meskipun bepergian tidak disarankan saat ini, namun jika terpaksa, berikut beberapa tindakan pencegahan yang harus kamu terapkan untuk meminimalisir risiko penularan, seperti dilansir dari Times of India.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpapar Corona, Ini Data Tenaga Medis Meninggal Dunia
TVONE NEWS - 3 bulan lalu
Terpopuler