Viral! Dataran Tinggi Dieng Membeku Minus 3,5 Derajat Celsius

Suhu minus Dieng
Sumber :
  • Instagram Aryadi Darwanto

VIVA – Suhu tinggi di daerah pegunungan tentunya sudah sangat biasa terjadi tetapi hal berbeda terjadi di dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah pada Minggu pagi, 26 Juli 2020. Dieng terasa sangat dingin hingga banyak warganet yang mengabadikan momen itu di media sosialnya. 

Salah satunya diabadikan oleh pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara, Aryadi Darwanto melalui instagram pribadinya ia menyampaikan jika di kompleks Candi Arjuna, Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah telah diselimuti es. 

"Pagi ini sekitar kompleks Candi Arjuna diselimuti embun es, suhu di termometer hampir mendekati minus 3,5'C. Wisatawan juga sudah berdatangan. Serasa di kutub bersama beruang salju yang lucu," tulis @aryadidarwanto, Minggu 26 Juli 2020.

Baca juga: Rawan Ancaman GAM, Dewa 19 Naik Panser Gelar Konser di Aceh

Ia juga memperingatkan bagi para pendaki yang akan menuju ke Gunung Prau agar selalu mempersiapkan diri dengan baik dan selalu menyiapkan penghangat tubuh sehingga terhindar dari hipotermia. 

"Perhatian, bagi yang akan ke Gunung Prau atau lainnya, siapkan alat penghangat badan, biar tidak hipo," sambungnya. 

Selain itu, di Twitter Dieng juga menjadi trending topic foto-foto daun yang beku akibat suhu dingin banyak dibagikan oleh warganet. Saat ini sudah ada lebih dari 10 ribu cuitan mengenai suhu di Dieng. 

"Embun membeku telah menyebar di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, dengan suhu -3 derajat celcius pada minggu pagi," tulis @alexjourneyID dengan bahasa Inggris. 

"Seperti ini suhu di Dataran Tinggi Dieng lur. Ademnya keterlaluan ngak sih, sampai menjadi es, tinggal kasih sirup seger nih," tulis @Jateng_Twit.