5 Keindahan Wisata di Lombok yang Bikin Kangen

Pulau Komodo: Pantai Pasir Pink
Sumber :
  • Antara/ Ujang Zaelani

VIVA –  Lombok menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan domestik dan internasional. Sejumlah lokasi wisata di Lombok sendiri memiliki keindahan alam yang mempesona. Mulai dari pantai hingga pegunungan. Indahnya Lombok memang tak bisa dilupakan. Bahkan hari ini, Rabu, 9 September 2020, tagar Lombok jadi trending topik di Twitter.

Namun karena pandemi COVID-19, sejumlah masyarakat memilih menunda perjalanan ke Lombok. Tentu hal ini menimbulkam sejumlah kerinduan akan keindahan destinasi di Lombok. Destinasi apa saja si yang menarik dan punya keindahan yang selalu dirindukan para traveler? Berikut ini sejumlah wisata di Lombok yang bikin kamu kangen. 

Baca Juga: Pantai Selingkuh di Lombok, Lahir dari Cerita Nakal

Gunung Rinjani

Rinjani di Lombok diketahui masuk dalam UNESCO Global Geopark memiliki lansekap yang kaya dan beragam, jenis hutan mulai dari savana dan hutan semi-gugur hingga hutan pegunungan bawah yang lebih rendah dan hutan cemara pegunungan tropis.

Rinjani, dibentuk sekitar 12.000 hingga 6.000 tahun yang lalu. Dua kerucut gunung api ada sebelum letusan gunung Samalas atau Gunung Rinjani Tua pada abad ke-13, Gunung Api Samalas dan Gunung Rinjani.

Letusan Samalas pada tahun 1257 mengakibatkan terbentuknya aliran kaldera dan piroklastik besar di Kokok Putik dan menyebabkan runtuhnya sebagian Rinjani Tua. Letusan ini mengubah seluruh lanskap, mengubur peradaban tua dan menciptakan panggung untuk permulaan era budaya baru.

Pink Beach

Pink Beach di Kepulauan Komodo adalah salah satu dari tujuh pantai merah muda terbaik di dunia. Tempat ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan, kehidupan bawah laut yang penuh warna dan pasir merah muda yang indah. Warna pinknya ini sendiri diketahui berasal dari hewan mikroskopis yang disebut Foraminifera.

Berada di Taman Nasional Komodo, pantai ini tidak hanya menawarkan pemandangan yang unik, tapi juga perairannya yang menawan dan cocok untuk kegiatan snorkeling.

Kepulauan Gili, Nusa Tenggara Barat

Kepulauan Gili adalah lokasi yang cukup populer bagi para penggemar snorkeling, di mana tiga pulau kecil dibatasi oleh pantai berpasir putih dan terumbu karang berwarna-warni. Tidak hanya itu, para sunseekers dari seluruh dunia bisa dekat dengan kura-kura yang nongkrong di garis pantai.

Ada banyak hal yang bisa dinikmati di sepanjang pantai yang masih asli. Pergilah ke Gili Meno untuk hamparan pasir yang tenang di mana kalian bisa menikmati petualangan bersama di pulau yang sepi. 

Pantai Senggigi

Pantai senggigi menjadi salah satu pantau yang populer bagi para wisatawan. Senggigi sendiri menjadi salah satu tempat favorit para peselancar karena memiliki ombak kelas dunia. 

Mandalika

Mandalika adalah kawasan wisata seluas 1.035 hektar yang berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Sejak tahun 2017, Mandalika sudah diresmikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata. Mandalika juga menjadi salah satu lokasi pembangunan sirkuit Moto GP. 

Berbicara destinasi wisata di Mandalika yang cukup populer salah satunya adalah Pantai Tanjung Aan, yang sering disebut sebagai primadonanya Mandalika. 

Terletak di pantai selatan pulau, pantai ini adalah sebuah teluk besar dengan gubuk-gubuk kecil dan perahu-perahu nelayan di sepanjang pantai. Ada bukit besar yang berfungsi sebagai tanjung yang memisahkan teluk dari yang di sebelahnya; perlu ditelusuri - pemandangan dari sini menakjubkan.