Di Masa Pandemi, 5 Barang Ini Wajib Dibawa Saat Liburan

Ilustrasi travelling.
Sumber :
  • Pixabay/Gomezsantos

VIVA – Meski COVID-19 masih menjadi permasalahan di berbagai negara, bukan berarti aktivitas untuk bepergian harus dihentikan. Namun, agar meminimalisir penularan virus corona jenis baru itu, tentu kita harus beradaptasi dengan membawa barang-barang penting yang sebelumnya tak pernah terpikirkan.

Untuk naik pesawat atau kereta, serta mengunjungi berbagai fasilitas publik lainnya, butuh perlindungan khusus namun bukan berarti harus berlebihan.

Apa saja kebutuhan yang diperlukan saat liburan? Berikut 5 barang penting yang harus selalu dibawa di masa pandemi corona seperti yang dikutip dari laman NBC:

Perlindungan diri
Masker, hand sanitizer, dan tisu sudah menjadi kebutuhan khusus bagi para pelancong. Untuk masker sendiri adalah barang wajib yang ada di sebagian besar maskapai penerbangan dan di hampir semua jaringan hotel besar.

Personal health kit ini bisa dibawa maupun tersedia bagi penumpang beberapa pesawat seperti Garuda Indonesia yang bekerjasama dengan Carex.

Penyediaan personal health kit ini mulai berlaku dari tanggal 11 November sampai 15 Desember 2020 untuk penumpang rute domestik keberangkatan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke 6 kota besar Indonesia yaitu Medan, Denpasar, Surabaya, Semarang, Solo dan Yogyakarta.

"Sinergi yang kami laksanakan bersama Carex ini juga sejalan dengan upaya dan komitmen kami untuk selalu menghadirkan layanan penerbangan yang aman dan nyaman bagi penumpang dengan menerapkan protokol kesehatan secara konsisten dan berkesinambungan pada seluruh lini operasional Garuda Indonesia," ujar 

Direktur Layanan, Pengembangan Usaha, dan Teknologi Informasi Garuda Indonesia, Ade R Susardi, dikutip dari keterangan tertulis.

Kartu kredit, debit, atau e-money
Kartu telah dianggap sebagai cara pembayaran yang lebih aman untuk mencegah penipuan, tetapi juga bisa menjadi cara yang lebih aman untuk mencegah infeksi. Tidak perlu lagi menyeka plastik Anda melalui mesin yang sama dengan yang disentuh orang lain atau harus menyerahkan kartu Anda kepada orang lain.

Kartu kredit semakin banyak dirancang dengan "ketuk untuk membayar", yang berarti kartu Anda dilengkapi dengan teknologi yang disebut komunikasi jarak dekat.

Pegang saja kartu Anda (atau perangkat yang mendukung dompet seluler, seperti ponsel atau jam tangan pintar) di dekat pembaca kartu untuk menyelesaikan transaksi Anda.

Powerbank portabel
Powerbank sangat berguna agar dapat mengisi daya baterai ponsel secara personal. Bayangkan jika harus mencari sumber listrik, belum lagi berdekatan dengan orang asing yang mungkin memiliki infeksi yang memicu penularan.

Pena
Ya, pena tak lagi tersedia di sejumlah fasilitas publik, bahkan hotel sekalipun. Sebab, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menerangkan bahwa pena sulit untuk dibersihkan atau didisinfeksi, sehingga berbahaya akan penularan penyakit. Bawalah milik Anda sendiri untuk menghindari penggunaan yang telah disentuh orang lain.

Botol air
Meskipun CDC telah menyatakan bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan ada orang yang tertular COVID-19 melalui air minum.

Bagaimana pun, permukaan di dispenser termasuk tombol yang Anda sentuh untuk menyalakan keran dapat menimbulkan risiko penularan. Jadi, bawalah sendiri botol minum.