Bandara-bandara Paling Unik di Dunia

Bandara unik, Black Rock City Municipal Airport, Nevada
Sumber :
  • Foxnews.com

VIVA.co.id - Ada beberapa bandar udara (bandara) di dunia, yang kondisinya jauh dari ideal, mulai dari fasilitas, kondisi landasan pacu sampai kapasitas yang sering tidak sesuai dengan kebutuhan.

Selain dari ideal, ada juga bandara yang bisa dikatakan unik karena beberapa faktor. Nah, berikut ini, bandara-bandara unik dari berbagai negara, seperti dilansir dari Foxnews:

Federal Transfer Center, Oklahoma City, Amerika Serikat



Federal transfer Center memiliki fasilitas khusus penjara. Sebab, bandara ini memang digunakan sebagai lokasi transfer narapidana ke penjara lain.

Black Rock City Municipal Airport, Nevada

Bandara ini terletak di tengah gurun Nevada dan  cukup unik, karena beroperasi hanya satu pekan dalam setahun.

Meski beroperasi hanya tujuh hari dalam 365 hari, namun bandara ini memiliki fasilitas lengkap dengan bangunan terminal, layanan charter, operator terjun payung, dapur, depot bahan bakar dan beberapa ribu wahana wisata gratis yang diberikan setiap tahun.

Bandara Internasional Kansai, Jepang

Bandara ini tidak memiliki ruang atau izin untuk beroperasi selama 24 jam. Selain itu, bandara Kansai dibangun berdasarkan hasil reklamasi pantai.

Bandara Kai Tak, Hong Kong

Bandara Kai Tak adalah bandara internasional di Hong Kong sejak 1925 sampai 1998.

Pada era 1980-an, kota ini sangat padat penduduk. Mereka tinggal di pegunungan dan laut, dengan jumlah mencapai 7 juta jiwa. Nah, satu bandara yang melayani kota metropolis yang ramai ini adalah Kai Tak Airport.

Ini menjadi landasan yang pendek untuk pesawat besar dan akan mengerikan ketika melakukan pendaratan karena di kedua sisi bandara terdapat gedung-gedung bertingkat.

Ice Runway, Antartika

Bandara ini dekat dengan McMurdo Sound, dengan landasan pacunya adalah es. Akibatnya, hanya bisa digunakan beberapa bulan saja hingga awal Desember sebelum es mencair.

Paro, Bhutan


Ini adalah satu-satunya bandara internasional di Bhutan dan dilayani oleh National Airline Druk Air. Jalur pendaratan melalui dua lembah sempit, sehingga pilot harus memiliki keahlian untuk mendaratkan pesawat di bandara ini.

Bandara yang terletak di lembah dengan ketinggian 5.500 meter itu dianggap sebagai salah satu bandara paling menantang di dunia. Penerbangan di Paro diperbolehkan dalam kondisi cuaca baik dan dibatasi untuk siang hari, mulai matahari terbit sampai matahari terbenam.

Bandara Barra, Skotlandia



Ini adalah bandara dengan landasan pacu yang pendek, terletak di teluk dangkal Traigh Mhor di ujung utara Pulau Barra. Bandara ini satu-satunya di dunia, yang jadwal penerbangannya tergantung cuaca pantai.