Jemaah Haji Indonesia Segera Pulang

Jemaah Haji RI
Sumber :
  • VIVA/Beno Junianto

VIVA – Sebanyak 15 kloter jemaah haji Indonesia gelombang pertama hari ini Senin 27 Agustus 2018 akan pulang ke Tanah Air. Mereka diberangkatkan dari Bandara King Abdulaziz Jeddah.

Rombongan yang pertama tiba di Bandara Jeddah adalah rombongan Kloter 1 Embarkasi Palembang. Meski jadwal keberangkatan baru sekitar pukul 08.15, mereka sudah tiba di bandara sekitar pukul 02.00 dini hari. Sebanyak 440 jemaah dipastikan pulang di kloter pertama tersebut.

Antrean kepulangan ke Tanah Air disusul rombongan Kloter 1 Embarkasi Jakarta-Bekasi yang membawa 410 jemaah. Kloter 1 Embarkasi Surabaya (450 jemaah dan petugas) serta rombongan Kloter 1 Jakarta-Pondok Gede (390 jemaah dan penumpang) juga datang dalam selang satu jam.

Sepanjang hari pertama kepulangan sedikitnya 6 ribu jemaah akan bertolak ke Tanah Air. Di bandara, para jemaah menunggu dan beristirahat di plaza Bandara Jeddah. Mereka diimbau menyiapkan dokumen keimigrasiannya serta buku kesehatannya. Rombongan dari Palembang, Jakarta, dan Surabaya itu kemudian dibariskan masuk ke dalam gate nyaris berbarengan sejak pukul 05.30 waktu setempat.

Bawaan jemaah juga diperiksa kembali. Masih banyak jemaah tampak membawa bawaan tambahan selain koper jinjing yang diperbolehkan. Barang-barang dalam tas kresek tambahan tersebut terpaksa dibongkar petugas Saudi Arabia Airlines, maskapai yang menerbangkan kepulangan kloter-kloter awal tersebut. Barang penting diminta dimasukkan ke dalam koper jinjing atau ditenteng jemaah, yang tak penting ditinggalkan.

“Alhamdulillah, puas hajinya. Tahun ini jauh lebih baik dari pertama kali saya berangkat,” kata Asep Amin (60 tahun), seorang jemaah di Kloter 2 Jakarta Bekasi. Ia mengatakan, akan merindukan Tanah Suci dan berencana kembali jika ada kesempatan. (ase)