Penyelenggaraan Haji Tahun 2018 Dinilai Banyak Terobosan Baru

Bimbingan haji jemaah Indonesia
Sumber :
  • VIVA/Beno Junianto

VIVA – Berkat 10 inovasi baru, penyelenggaraan haji 2018 terbilang sukses dan membuat jemaah haji terpuaskan. Mulai dari persiapan keberangkatan, penerbangan, pelayanan hotel, akomodasi, katering dan lainnya, jemaah merasakan manfaatnya.

Salah satu jemaah haji asal Depok, Pradi Supriatna mengaku puas dan pelayanan haji yang diberikan Kementerian Agama memberikan kemudahan bagi jemaah haji.

"Pelayanan haji tahun saya pikir untuk reguler seperti yang saya ikuti ini dapat sesuatu yang istimewa buat jemaah khususnya Depok dan Cianjur dan Jawa Barat tentunya. Pada saat kami di Embarkasi semua pengurusan visa dan dokumen untuk di Arab Saudi sudah bisa di Embarkasi," ujar Wakil Wali Kota Depok ini kepada VIVA.

Dia pun terkejut dengan proses imigrasi yang tak bertele-tele dan mempersingkat waktu para jemaah.

"Proses imigrasi dari sana yang datang ke negara kita. Jadi kami dari Embarkasi diberangkatkan ke bandara langsung bisa ke pesawat dan tiba di Jeddah tidak ada pemeriksaan lagi. Sebuah terobosan, begitu pun ketika kami tiba di penginapan masing-masing. Alhamdulillah cukup nyaman, kalau bicara kurang lebih masih ada tentunya yang harus diperbaiki," ucap Pradi.

Sebelumnya, Abdul Kholik (60), jemaah haji asal Banyuwangi mengaku puas dengan pelayanan haji yang diterima dan dirasakan selama dua hari ini. Abdul ditemui saat akan menumpangi bus Salawat merasakan masakan katering yang lezat dan pelayanan hotel yang baik.

"Makanan enak, hotelnya bagus. Saya dan teman-teman merasa puas," ujar Abdul Kholik ditemui di Terminal Jamarat, Mekah.

Abdul juga merasakan servis petugas haji yang selama ini ditemuinya. Abdul mengaku terkejut petugas haji selalu mendampingi dirinya bersama rombongan. (ren)