Jangan Risau, Petunjuk Bahasa Indonesia di Masjid Nabawi Siap Bantu

Petunjuk bahasa Indonesia di Masjid Nabawi
Sumber :
  • Beno Junianto/VIVA.co.id

VIVA – Jemaah haji Indonesia tak perlu khawatir dan risau ketika memasuki Masjid Nabawi di Madinah. Pasalnya petunjuk-petunjuk berbahasa Indonesia siap membantu Anda.

Bila tahun-tahun sebelumnya area Masjid Nabawi, Madinah minim sekali petunjuk berbahasa Indonesia, kini sudah mulai tampak, dan bahkan di beberapa titik seperti di Raudhah dan makam Rasulullah.

Tak hanya berbahasa Indonesia, petunjuk bahasa seperti dari Turki, Prancis, India dan Arab juga tersedia.

Bahasa Indonesia tidak hanya dalam petunjuk jalan, tetapi yang lain pun dibuatkan khusus berbahasa Indonesia, seperti selebaran pengumuman salat jumat, siaran radio untuk mendengarkan khutbah versi Indonesia di 99.00 FM, hingga buku buku yang diterbitkan pun ada versi khusus untuk jamaah Indonesia.

Salah satunya, seperti petunjuk lokasi menuju ke Raudhah atau makam Rasulullah yang sebelumnya tidak ada kini terpampang besar bertulis "Saudara saudara kaum muslimat jangan memaksakan diri dan menyakiti sesama pada saat memasuki Raudhah dengan saling mendorong dan berdesak desakan, tunggulah giliran. Dengan izin Allah, masih banyak waktu untuk anda memasuki raudhah dan melasanakan salat di dalamnya".

Uus Rusmana, pria asal Bandung Barat yang merupakan petugas kebersihan Masjid Nabawi mengaku bangga karena kini bahasa Indonesia sudah diakui pemerintah Arab Saudi.

"Sekarang jamaah kita enak, banyak petunjuk berbahasa Indonesia. Alhamdulillah sangat membantu," ucap Uus. (ren)