Mengintip Kerja Tim Mobile Mengawal Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air

jemaah haji Indonesia
Sumber :
  • Dokumen Media Center Haji 2018

VIVA – Tim Mobile Indonesia dari Kementerian Kesehatan siap mengawal dan melayani jemaah haji Indonesia yang sakit yang akan pulang ke Tanah Air. Tim Mobile Indonesia akan mengawal jemaah dari imigrasi sampai ke pesawat memastikan kepulangannya.

Ketua Tim Mobile dr. Rachmawanti, Sp.PD mengatakan Tim Mobile Indonesia melakukan observasi. Observasi hanya bisa dilakukan sampai jemaah akan masuk ke imigrasi. Setelah dari imigrasi, bila ada jemaah sakit, maka akan ditangani oleh tim medis Arab Saudi di Bandara.

“Sambil menunggu kami melakukan observasi atau skrining secara visual kepada jemaah. Wilayah kerja Tim Mobile mulai jemaah datang turun bis, di ruang tunggu, sampai sebelum imigrasi. Setelah dari imigrasi bila mengalami gangguan kesehatan, langsung akan diambil alih oleh Bandara,” jelas Rachmawanti.

Sebelumnya, kepada jemaah yang pernah dirawat atau saat kepulangan menderita sakit, Rachmawanti menyarankan untuk lebih memperbanyak istirahat dan makan yang cukup.

“Jangan lupa minum obat-obat yang sudah diberikan. Masukkan obat di dalam tas passport. Obat-obatannya jangan dimasukkan ke dalam koper. Selama perjalanan pulang, obat bisa diminum supaya tidak ada kekambuhan pada saat menunggu kepulangan," ujarnya.

Jemaah Gelombang II sendiri secara bertahap dipulangkan ke Tanah Air. (ren)