13 Kloter Terakhir ke Madinah, Petugas Haji Mekah Kembali ke Tanah Air

Petugas dan jemaah haji Indonesia menuju jamarat.
Sumber :
  • Beno Junianto/VIVA.co.id

VIVA – Sebanyak 4.494 jemaah haji Indonesia yang terbagi dalam 13 kloter bergeser dari kota Mekah ke Madinah, Minggu malam 16 September 2018. Petugas haji Daerah Kerja Mekah pun bersiap kembali ke Tanah Air, 17 September 2018.

13 kloter jemaah haji tersebut diberangkatkan dengan 105 bus.

“Dengan pemberangkatan 13 kloter terakhir ini, operasional bus salawat secara resmi dihentikan. Seluruh petugas haji di Mekah pada Senin 17 September akan meninggalkan Mekah menuju Tanah Air via Bandara King Abdul Aziz Jeddah,” kata Kepala Bidang Transportasi Haji Subhan Cholid di Mekah.

Total petugas haji yang akan pulang ke Tanah Air sebanyak 426 orang. Lanjut Subhan pihaknya telah menyiapkan 8 bus di Kantor Urusan Haji Daerah Kerja (Daker) Mekah dan 3 bus di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekah untuk membawa petugas haji ke Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Sementara itu, petugas haji di Daker Madinah akan melayani jemaah haji Indonesia gelombang 2 hingga 26 September. Jumlah petugas yang berada di Kota Nabi sebanyak 445 orang dan petugas haji di Daker Bandara sebanyak 176 orang.