Dirjen PHU Apresiasi Hasil Survei Kepuasan Jemaah Haji oleh Balitbang

Dirjen penyelenggaraan haji dan umrah Kemenag RI, Prof Nizar Ali (kiri)
Sumber :
  • VIVA/Beno Junianto

VIVA – Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Nizar Ali mengapresiasi hasil survei kepuasan jemaah yang dilakukan oleh Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama. Survei yang bertujuan untuk menilai layanan publik ini merupakan penelitian kedua yang dilakukan Balitbang, sejak pertama kali dilakukan tahun 2017.

"Tentu kami memberikan penghargaan tinggi kepada Badan Litbang atas penelitian yang dilakukan," kata Nizar saat kegiatan rilis survei kepuasan jemaah haji di dalam negeri yang dilaksanakan di hotel Sari Pasific Jakarta.

Nizar mengaku hasil penelitian sangat penting. Selain mengetahui indeks kepuasan jemaah, Nizar juga akan menggunakannya untuk masukan.

"Hasil survei akan jadi motivasi perbaikan layanan kepada jemaah haji tahun berikutnya," tutur Nizar.

Sebagai seorang guru besar, Nizar sangat peka dan kritis terhadap paparan hasil penelitian. Berbagai hal terkait metode, proses, dan konsistensi penelitian dikoreksi oleh Nizar.

"Peneliti harus mengetahui betul bisnis proses layanan haji. Ada beberapa komponen yang tertukar dalam jenis layanan, sehingga perlu pengklasifikasian ulang indikator jenis layanan yang disurvei," terangnya.

Beberapa hal yang dicontohkan oleh Nizar seperti indikator pelayanan pemberangkatan haji. Peneliti disarankan memasukkan pelayanan pemvisaan, pengkloteran, ketepatan penerbangan, biometrik, dan proses pre departure clearance untuk penelitian tahun berikutnya.

"Masih banyak yang bisa dimasukkan dalam pelayanan pendaftaran seperti pelunasan, proses batal ganti, pelimpahan nomor porsi, gabung mahram dan layanan lainnya," kata Nizar.

Nizar juga berharap hasil survei Balitbang berimbang dengan hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS). Target yang ditetapkan oleh Kemenag hasil survei BPS tahun ini meningkat dari tahun lalu.

"Secara keseluruhan hasil ini (kategori sangat memuaskan) luar biasa. Semoga linier dengan hasil kepuasan jemaah haji di luar negeri yang hasilnya akan dirilis BPS sore nanti," harapnya.