Tiba di Jeddah, Rombongan Amirul Hajj Langsung Bertolak ke Madinah

Rombongan Amirul Hajj tiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Selasa, 30 Juli
Sumber :
  • Darmawan/MCH2019

VIVA – Rombongan Amirul Hajj yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mendarat di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, Selasa sore, 30 Juli 2019. Rombongan yang terdiri dari 14 orang itu akan menuju Wisma Indonesia KJRI Jeddah untuk beristirahat.

"Ba'da Isya bergerak menuju Madinah. Dari Madinah baru ke Mekah," kata Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin di Bandara Jeddah.

Beberapa agenda penting sudah menanti Amirul Hajj selama di Mekah dan Madinah. Antara lain, akan melakukan sejumlah pertemuan dengan pihak Muassasah, pejabat Arab Saudi dan direncanakan bertemu Gubernur Mekah, Pangeran Khalid bin Faisal bin Abdul Aziz Al-Saud.

Kedatangan Amirul Hajj di Bandara Jeddah disambut langsung oleh Kepala Imigrasi Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Jenderal Sulaiman Muhammad Yusuf; Kepala United Agency Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Sahir Bin Abdul Aziz Mattar; Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel; Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar Ali, Kepala Daker Bandara Jeddah-Madinah, Arsyad Hidayat, dan sejumlah pejabat lainnya. 

Sesampai di Bandara Jeddah, Menag langsung menghampiri jemaah haji Kloter 32 Embarkasi Ujung Pandang (UPG) yang baru saja tiba. Menag menyalami para jemaah dan berbincang sebentar dengan mereka. 
 
Amirul Hajj juga naik ke atas bus untuk memastikan jemaah haji mendapatkan paket makan. Dia melihat jemaah mendapatkan paket makan lengkap berisi nasi, sayuran, ayam goreng, buah, puding, dan dua botol air mineral. 

Menurut Amirul Hajj, kedatangan jamaah haji di Bandara King Abdul Aziz Jeddah sangat lancar. Dari turun pesawat hingga jamaah naik bus untuk menuju hotel di Mekkah hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam. 

"Ini sangat cepat, karena hampir semua proses keimigrasian, rekaman biometrik, rekaman sidik jari, lalu retina mata telah dilakukan di embarkasi di Tanah Air," katanya usai memantau kedatangan jamaah.