Dubes RI Pastikan Kuota Tambahan 10 Ribu Jemaah Haji Permanen

Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel di KUH Mekah
Sumber :
  • MCH2019

VIVA – Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel memastikan penambahan kuota 10 ribu jemaah haji Indonesia tahun ini merupakan kuota permanen. Dengan penambahan kuota 10 ribu jemaah, maka jemaah haji Indonesia tahun 2019 ini berjumlah 231 ribu orang.

Penegasan itu merujuk komunikasi Kedutaan Besar RI di Arab Saudi dengan Ad Diwan Al Malaki (Royal Corps), sebuah lembaga pemerintah Arab Saudi yang memiliki otoritas dalam mengatur kuota jemaah haji suatu negara.

"Bahwa 231 ribu ini adalah kuota permanen Indonesia untuk tahun ini," kata Agus Maftuh kepada Tim MCH, Selasa malam, 30 Juli 2019.

Meski demikian, Agus masih terus mengupayakan penambahan kuota jemaah haji Indonesia di angka 250 ribu orang. Hal ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo, yang meminta agar kuota haji Indonesia bisa mencapai angka ideal, yakni 250 ribu jemaah per tahunnya.

"Kami masih ada lagi tugas untuk angka 19 ribu (kekurangan target 250 ribu) dari 231 ribu ini. Insya Allah tahun-tahun ke depan kita akan selalu melakukan diplomasi haji," ujarnya.

Pihak Kedubes, lanjut Agus, dalam suratnya kepada Raja Salman dan Putra Mahkota Pangeran Muhammad bin Salman, menyampaikan alasan minta penambahan kuota jemaah haji karena antrean haji di Indonesia bisa mencapai puluhan tahun.

"Sehingga tambahan kuota ini bagaikan air di tengah sahara dan Saudi tahu Indonesia negara muslim terbesar sehingga dan sudah selayaknya mendapatkan privilege dari jemaah haji ini," terang Agus.

Walau diakuinya, untuk melakukan diplomasi haji, setidaknya melibatkan 15 lembaga/badan di Arab Saudi, termasuk Kementerian Luar Negeri, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Haji dan Umrah dan juga Al Amanah Al Toyron al Madani (lembaga yang mengurusi penerbangan). "Soal kuota ini akan jadi prioritas kita, berdasarkan arahan Presiden seharusnya tahun ini kuotanya 250 ribu," kata Agus Maftuh. 

Seperti diketahui, tahun ini, Indonesia memberangkatkan 231.000 jemaah haji ke Tanah Suci. Dengan rincian 214.000 jemaah haji reguler dan 17.000 jemaah haji khusus.