Amirul Hajj Cek Kesiapan Tenda Jemaah Haji di Arafah dan Mina

Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin meninjau tenda jemaah haji di Arafah
Sumber :
  • Bahauddin/MCH2019

VIVA – Amirul Hajj yang juga Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin beserta rombongan bertolak menuju Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna), Senin sore, 5 Agustus 2019. 

Kunjungan ini memastikan kesiapan tenda-tenda jemaah haji Indonesia yang akan digunakan pada puncak ibadah haji yang akan dimulai sejak tanggal 8 Zulhijah hingga 13 Zulhijah 1440 Hijriah. 

Rombongan bergerak dari Kantor Urusan Haji Mekah sekira ba'da Ashar waktu Arab Saudi, dan langsung menuju kawasan Arafah. Sepanjang perjalanan, rombongan disuguhkan pemandangan deretan tenda di Mina dan hamparan padang Muzdalifah. 

Sekitar 15 menit, rombongan tiba di Maktab (komplek tenda) jemaah haji Indonesia di Arafah. Amirul Hajj dan rombongan disambut Ketua Muassasah Asia Tenggara, Muhammad Amin Indragiri beserta jajarannya.

Amirul Hajj berkeliling melihat tenda-tenda jemaah haji yang nantinya akan ditempati jemaah dari Embarkasi Solo, Jawa Tengah. Beberapa fasilitas di sekitarnya juga dicek , seperti air dan toilet jemaah haji. "Bagus, airnya juga keluar," kata Amirul Hajj saat meninjau toilet jemaah di Arafah.

Dari kunjungan Amirul Hajj dan rombongan ke tenda-tenda jemaah, ada yang berbeda dari penampakan tenda jemaah haji Indonesia tahun ini. Selain diberi nomor kloter dan embarkasinya, tenda-tenda di Arafah juga sudah dilengkap pendingin alias AC. 

Dalam kesempatan itu, Amirul Hajj langsung mencoba AC suhu udara di dalam tenda yang sudah terpasang AC. Begitu juga tenda kesehatan, Amirul Hajj juga mencoba masuk ke dalamnya dan merasakan suhu udara di dalam tenda kesehatan. Sayang, saat dikunjungi AC-nya baru saja dimatikan.

"Suhu udara disini (tenda kesehatan) harus lebih dingin dari tenda jemaah, karena disini untuk orang sakit. Suhunya harus disesuaikan," ujar Amirul Hajj.

Setelah dari Arafah, rombongan langsung menuju Muzdalifah untuk berhenti sejenak, memantau kesiapan di Muzdalifah. Rombongan kembali bergerak, dan kunjungan pun berakhir di Mina. 

Di Mina, Amirul Hajj beserta rombongan mengecek lokasi tenda-tenda jemaah dan pendingin ruangan yang sudah terpasang permanen. Beberapa fasilitas seperti toilet, lampu penerangan dan penomoran tenda tak luput dari pantauan Amirul Hajj.

"Alhamdulillah siang menjelang sore hari ini kami delegasi Amirul Hajj memang sengaja berkunjung ke Arafah, lalu tadi sempat ke Muzdalifah, dan sekarang ke Mina. Untuk melihat persiapan petugas-petugas kita bersama muassasah dalam rangka menghadapi wukuf di Arafah, dan nanti mabit di Muzdalifah dan nanti menuju Mina ini, " kata Amirul Hajj saat konferensi pers di kawasan Mina, Mekah, Arab Saudi.

Berdasarkan pantauan Amirul Hajj, persiapan tenda-tenda jemaah, baik di Arafah maupun Mina sudah hampir final. Begitu juga pemasangan stiker nomor-nomor tenda jemaah. Menurut Amirul Hajj, tahun ini untuk pertama kalinya, semua tenda di Arafah dan Mina akan diberikan stiker berisi nomor tenda, kloter dan kapasitas.

"Itu semua diperlukan agar ada kepastian bagi mereka selama berada di Arafah dan Mina akan mendiami tenda-tenda yang tersedia," ungkapnya.

Kemudian untuk AC di tenda-tenda di Arafah, juga sudah terpasang dengan baik. Kapasitas tenda di Arafah sesuai dengan penjelasan Ketua Muassasah, ukurannya cukup besar, sehingga diharapkan mampu meningkatkan tingkat kenyamanan bagi jamaah haji

"Hanya memang tadi saya tekankan perlu ada pengaturan suhu temperatur dari AC itu. Karena boleh jadi menjelang siang kita memerlukan suhu yang lebih dingin sehingga temperatur AC harus disesuaikan, tapi ketika malam hari tentu bisa menyebabkan jamaah terlalu dingin," paparnya.