Giliran Somalia Ingin Belajar Pengelolaan Jemaah Haji Indonesia

Pengelola haji Somalia mengunjungi Misi Haji Indonesia
Sumber :
  • MCH 2019

VIVA – Perwakilan Haji Somalia mengunjungi kantor Misi Haji Indonesia di Mekah, Arab Saudi, Minggu, 1 September 2019. Mereka mengapresiasi penyelenggaraan haji Indonesia yang dinilai sukses, meskipun jemaah hajinya terbanyak di dunia.

Ketua Misi Haji Somalia, Umar Faruk menyatakan keinginannya untuk mencontoh keberhasilan penyelenggaraan haji Indonesia. 

"Indonesia dengan jumlah jemaah yang sangat besar tapi paling tertib. Sedangkan kami, jemaah Somalia hanya 11.500, tapi belum bisa tertib seperti Indonesia," ujar Umar Faruk.

Lebih lanjut, Umar menyampaikan  keinginan Somalia untuk menjalin kerjasama dengan misi haji Indonesia.  "Kami ingin belajar bagaimana menyusun jadwal, mengatur pengelompokan jemaah, membina jemaah, serta  menyediakan layanan sejak tanah air hingga Arab Saudi," ujarnya. 

Menanggapi hal ini, Kadaker Mekah Subhan Cholid, menyampaikan Indonesia sangat terbuka untuk melakukan tukar informasi dan pengalaman terkait penyelenggaraan haji dengan negara mana pun, termasuk Somalia.  "Kami menyambut baik kedatangan teman-teman Misi Haji Somalia, dan terbuka untuk berbagi pengalaman," ujar Subhan. 

Salah satu kunci yang menjadi kekuatan Indonesia dalam penyelenggaraan haji menurut Subhan adalah ketatnya penjadwalan yang dibuat oleh Misi Haji Indonesia. 

"Kami membuat jadwal dengan detil dan rigid. Dengan jadwal ini, kami kemudian dapat mengatur skenario layanan sepanjang musim haji berlangsung," ungkap Subhan.  

Sebelum Somalia, perwakilan Misi Haji Turki dan Malaysia berkunjung ke Misi Haji Indonesia. Mereka ingin belajar dan bertukar informasi tentang penyelenggaraan haji Indonesia yang dinilai terbaik.