Jemaah Haji Kloter 61 Jawa Barat Awali Program Iyab di Bandara Madinah

Jemaah haji yang mendapat fasilitas Iyab/Eyab di Bandara Madinah
Sumber :
  • MCH 2019/Darmawan

VIVA – Jemaah haji asal Kabupaten Ciamis yang tergabung dalam embarkasi Jakarta-Bekasi Kloter 61 menjadi jemaah haji gelombang II yang pertama kali menikmati program Iyab (ditulis Eyab), yakni sebuah layanan imigrasi fast track di Bandara Prince Mohammed Bin AbdulAziz Madinah, Rabu, 4 September 2019.

Sekira pukul 12.30 Waktu Arab Saudi, 408 orang jemaah haji JKS 61 memasuki lounge Iyab yang berada di paviliun 5. Jemaah disambut para petugas yang membagikan bunga mawar, kurma dan kudapan khas Arab Saudi lengkap dengan teh, kopi dan air Zam-zam.

Tidak sedikit dari mereka yang terharu akan sambutan yang mereka alami siang itu, seperti dirasakan oleh Ibu Yeni Triana yang berhaji bersama suaminya Maman. Ia mengaku terharu dengan sambutan ramah para petugas di bandara.

"Saya semakin enggan meninggalkan Tanah Suci, berat rasanya," ujar Yeni sambil menitikkan air mata.

Sementara, Ibu Dede (55) yang berasal dari Banjarsari juga merasa senang dengan fasilitas Iyab, ia berharap jemaah haji lain bisa merasakan apa yang ia rasakan. "Mudah-mudahan tahun depan bisa seperti ini lagi, semua jemaah haji Indonesia dapat menikmati fasilitas ini," ujarnya.

Selain JKS-61, ada dua kloter lagi yang mendapatkan fasilitas Eyab pada Rabu kemarin. Keduanya yakni, Embarkasi Surabaya SUB 55 sebanyak 450 jemaah dan SUB 57 sebanyak 450 orang.

Sedangkan jemaah haji gelombang II yang akan menikmati fasilitas Eyab di Bandara AMAA Madinah sebanyak 28 kloter yang berasal dari embarkasi Jakarta dan Surabaya.